Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Brasil Jual Bitcoin Sitaan Senilai Rp15,8 Milyar

Pengadilan Brasil telah memerintahkan penjualan Bitcoin sitaan mereka senilai US$1,1 juta, atau sekitar Rp15,8 milyar, dengan bantuan dari bursa utama di negara tersebut.

Diketahui, Bitcoin sitaan tersebut didapat dari perusahaan yang menjalankan skema ponzi.

Bitcoin Sitaan Dijual oleh Pengadilan Brasil 

Berdasarkan laporan dari News Bitcoin, Senin (9/8/2021), pengadilan federal di Espirito Santo, Brasil, telah memerintahkan penjualan Bitcoin (BTC) yang telah mereka sita dari perusahaan Tradergroup pada tahun 2019.

Perusahaan tersebut diketahui telah menjalankan skema ponzi, sehingga pihak berwenang telah melakukan aksi penangkapan dan penyitaan.

Diketahui, hasil penjualan ini nantinya akan digunakan untuk membayar sebagian kewajiban yang masih dimiliki Tradergroup yakni mengganti rugi para pelanggannya.

Dan bulan lalu, penjualan tersebut telah dibantu oleh bursa utama dan teregulasi di Brasil, Mercado Bitcoin.

Bursa tersebut menjual sembilan lot dari 3 Bitcoin, dan lot terakhir untuk nilai yang tersisa, tidak kurang dari 2% dari harga pasar. Kemudian, dana fiat yang diterima dari penjualan dipindahkan ke rekening pengadilan.

“Ada banyak korban Tradergroup dengan tuntutan hukum, terutama di Pengadilan Negeri, meminta uang yang diinvestasikan kembali, dan sekarang sebagian dari uang ini akan dapat dikembalikan, tidak semua karena kredit yang dijual [di Bitcoin] tidak cukup untuk mengganti kerugian,” kata Jaksa Penuntut Umum Federal, Alexandre Senra.

Aksi Tegas Pihak Berwenang

Sekadar informasi, Ini adalah kali pertama pengadilan federal Brasil memerintahkan penjualan aset kripto melalui bursa komersial.

Namun, ini bukan berarti bahwa otoritas Brasil memiliki peraturan yang longgar mengenai kejahatan terkait kripto.

Bulan Juli lalu, pihak berwenang telah menangkap Claudio Oliveira, yang juga dikenal sebagai “Raja Bitcoin” Brasil karena dugaan keterlibatannya dalam skema penipuan (scam) senilai Rp4,3 triliun.

Aksi tegas terhadap tindakan kriminal seperti penipuan, ponzi, scam, dan lain sebagainya sangat diperlukan.

Ini tentu akan semakin mengurangi jumlah aksi kriminal itu sendiri, yang akan berdampak positif bagi citra industri kripto di mata masyarakat awam. Pada akhirnya, tingkat adopsi pun akan terpengaruh oleh citra kripto yang baik. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }