Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bos Cardano: Nilai DeFi dan NFT Bubble, Tapi Itu Wajar

Selain kripto, industri DeFi dan token non-fungible (NFT) juga menjadi primadona tersendiri bagi sebagian besar investor. Namun, masih banyak juga pandangan bahwa kedua industri anyar tersebut adalah gelembung (bubble).

Lalu, bagaimana pandangan bos Cardano, Charles Hoskinson, mengenai pandangan tersebut? Terlebih, Cardano juga dikabarkan akan memasuki industri DeFi.

Hoskinson: Gelembung DeFi dan NFT Itu Wajar

Pendiri Cardano tersebut berpandangan bahwa, DeFi berada dalam siklus ekonomi di mana pasar mengalami kesulitan dalam menentukan nilainya.

Ia pun berpandangan, gelembung adalah hal yang selalu terjadi, pada awalnya. DeFi adalah gelembung terbaru, begitu pula dengan NFT. Tetapi, ini bukan berarti buruk.

Hoskinson juga membandingkan situasi ini dengan ledakan Initial Coin Offering (ICO) di tahun 2017. Kemungkinan, maksudnya adalah dalam suatu keramaian, pada akhirnya hanya yang terbaik saja yang tersisa.

“Anda memiliki proyek baru yang memiliki tim pengembangan yang sangat kecil, tidak banyak likuiditas dan mereka menghasilkan satu milyar Dolar,” ujar Hoskinson dalam menggambarkan alasan industri baru disebut dengan gelembung, dilansir dari AmbCrypto, Sabtu (18/9/2021).

Ramainya minat pada DeFi telah menarik institusi untuk masuk ke dalamnya. Diketahui, DeFi akan melihat arus masuk hingga US$1 triliun di tahun-tahun mendatang dari investor institusi. Itu akan mungkin jika 100 bank teratas memasukkan setidaknya 1% dari aset mereka yang dikelola (AUM) ke DeFi.

Philip Gradwell, Kepala Ekonom di Chainalysis pun punya pandangan yang baik untuk industri ini. Baginya, DeFi adalah langkah logis berikutnya bagi investor untuk berkecimpung ke kripto.

Gradwell juga menemukan bahwa investor besar berada di balik pertumbuhan adopsi DeFi.

Hal tersebut telah dilihat sebagai “salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat dan paling inovatif” dari ekosistem kripto, terutama di negara maju seperti AS.

Mempercepat Adopsi

Untuk mewujudkan masa depan yang besar untuk DeFi, Hoskinson melihat ada dua hal wajib yang harus dilakukan.

“Pertama, Anda harus memiliki toko dApp… Hal lainnya adalah kita harus mulai berpikir tentang cross-chain di DeFi,” katanya.

Toko dApps yang dimaksud Hoskinson adalah sesuatu seperti Google Play atau toko iOS.

Dan bulan lalu, Ketua SEC AS, Gary Gensler telah mengungkapkan akan membawa DeFi ke dalam peraturan. Tentu saja, ini akan mengubah wajah dari industri DeFi, yang kemungkinan akan lebih sehat.

Tentu saja, tidak semua platform DeFi akan mampu melewati “penyaringan” regulasi ini.

“Pemenang masa depan di ruang DeFi akan memiliki likuiditas dan interoperabilitas, kemampuan untuk menggerakkan multi-chain,” kata Gensler.

Untuk NFT, industri ini adalah yang paling baru. Banyak sekali hype di dalamnya sehingga masih dikhawatirkan akan menjadi gelembung baru sebelum mulai mendewasakan diri. Tentunya, ini tetap akan berjalan dengan positif dan semakin besar pada akhirnya. Bagaimana menurut Anda? [st]

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }