Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bos Binance: Bitcoin Belum Bisa Punah

Changpeng Zhao (CZ), Bos Binance mengatakan bahwa aset kripto Bitcoin dan teknologi blockchain sebagai asasnya, belum bisa punah. Kuat! Sekalipun itu diserang oleh pemerintah.

Justru, kata CZ, pemerintah atau lembaga negara lain harus mengadopsinya.

“Saat ini belum ada yang bisa memusnakannya. Pasalnya, secara konsep dan praktik, Bitcoin berada di benak lebih dari 500 juta orang,” kata CZ dilansir dari Coindesk.

Maksud CZ adalah persoalan semakin besarnya adopsi blockchain sebagai sistem uang elektronik peer-to-peer.

Bagi CZ, melawan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya saat ini akan serupa dengan menolak untuk menerima model bisnis internet Amazon ketika raksasa e-commerce itu pertama kali lahir di awal 1990-an.

Aset kripto bukan pula hendak memusnahkan peran sistem keuangan tradisional atau mata uang fiat yang didukung pemerintah, tetapi untuk memberikan lebih banyak peluang kebebasan finansial.

“Saya tidak melihat mereka bersaing dengan regulator, pemerintah dan negara. Tetapi ada satu peluang, celah dan kesempatan untuk bekerja sama,” imbuhnya.

Pernyataan CZ tentu saja selaras dengan jiwa dan manifesto Satoshi Nakamoto, sosok misterius perancang Bitcoin pada tahun 2008.

Unit moneternya, BTC, baru 12 tahun, menjelma sebagai bagian penting dari adab manusia modern dan mengubahkan konstelasi sistem keuangan dunia.

Bahwa sistem keuangan tidak lagi didominasi secara sentralistik oleh negara dan dijalankan oleh pemerintah lewat penerbitan uang bisa, termasuk peran perbankan.

Bagi Satoshi, sistem uang elektronik Bitcoin memampukan manusia mengirimkan uang ke mana dan kapan saja, secara terbuka, transparan, langsung tanpa melalui jasa perbankan biasa.

Sungguh, aroma kebebasan luas ada di sistem itu, selaras dengan semangat Internet itu sendiri.

Namun, serupa dengan perkembangan teknologi lain di peradaban kita, pertentangan dengan peraturan akan terus membentang.

Yang terjadi di situ, tak hanya perang wacana dan informasi, tetapi perang melawan penumpang gelap di aset kripto itu sendiri.

Lihatlah peretasan terus terjadi, selayaknya kejahatan serupa di sektor perbankan biasa.

Jadi, untuk sebuah disrupsi dan perubahan besar, gesekan akan terus terjadi.

Di atas itu semua, blockchain sejatinya membawa perubahan besar, setidaknya semakin murahnya dan semakin cepatnya mengirimkan uang antar negara. Itu yang tak diberikan oleh sistem perbankan selama beberapa generasi terakhir. [red]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }