Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

BitTorrent File System (BTFS) Jodohnya NFT

BitTorrent File System (BTFS) digadang-gadang menjadi pesaing ketat Interplanetary File System (IPFS) khususnya di pasar NFT (Non-Fungible Token). Pasar itu bernilai triliunan rupiah per hari.

Patut kami catat di awal ini adalah, IPFS memiliki unit nilai bernama Filecoin (FIL) dan BTFS adalah BitTorrent Token (BTT).

Kedua aset kripto sama-sama berupa token. FIL diterbitkan di Huobi ECO Chain (Heco). Sedangkan BTT berjalan di blockchain Tron.

Mengapa Pasar NFT?

Pasar NFT bergejolak sejak tahun 2020. Ini adalah babak kedua sejak lahir kali pertama pada tahun 2016 lewat, Cryptopunks dan CryptoKitties.

Pasalnya tahun 2020 pasar aset kripto secara umum bergairah kembali, akibat nilai dolar yang terdepresiasi. Ini yang menciptakan pasar unik di kripto dan NFT secara khusus.

Berdasarkan data dari NonFungible.com, volume perdagangan NFT tertinggi sepanjang masa, masih dipegang oleh CryptoPunks.

Lahir pada tahun 2016, CryptoPunks mencetak volume sebesar US$307.232.253.

Namun dalam 7 hari terakhir, volume tertinggi Meetbits menduduki singgasana di US$114.532.631. Unit NFT yang terjual mencapai 11.350.

NonFungible.com memuat data perdagangan NFT lebih dari seratus jenis.

Asal tahu saja, membuat NFT yang mewakili objek digital apa saja, kini semakin mudah, cepat dan bahkan banyak yang gratis.

Untuk menjual video unik Anda di pasar NFT, hanya perlu beberapa detik saja. Lantas, dengan promosi dan distribusi Anda yang gencar, Anda bisa meraup pendapatan tambahan.

Sejumlah musisi, seniman grafis, bahkan selebritas sekalipun minat dengan NFT.

NFT pada dasarnya mempermudah siapa saja untuk menjual benda-benda digital berbantuankan teknologi blockchain ini.

Pasar NFT pun diperkirakan akan terus meningkat, seiring dengan semakin mature-nya masyarakat soal aset kripto, baik sebagai alat transaksi dan investasi.

Di sisi lain, investor semakin banyak menggelontorkan dananya di sektor ini. Lihatlah ConsenSys sedang menggenjot ekosistem Palm.

Mereka bekerjasama dengan Mark Cuban dan membangun toko NFT Nifty’s. Gemini sendiri terus memperkuat toko NFT mereka sendiri, yakni Nifty Gateway.

Kemudian rumah lelang Christie’s dan Sotheby tak menyiakan-nyiakan kesempatan bisnis ranum ini.

NFT dan File System

Di sinilah letak peluang tambahan terhadap peer-to-peer file system seperti IPFS dan BTFS ini.

Sederhananya begini. Setiap NFT yang terbit, file yang direpresentasikannya disimpan di IPFS. Jumlahnya ada miliaran file saat ini.

File system itu bersifat peer-to-peer memastikan data selalu tersedia, walaupun beberapa komputer server padam.

File system itu juga memastikan identitas setiap file terhubung terus dengan smart contract yang tersimpan di blockchain.

Nah, dengan jumlah penerbitan yang kian banyak dan mengundang banyak pengguna IPFS dan BTFS akan terus menjadi sentra NFT. Perannya sangat penting ibarat tulang punggung.

Nilai FIL dan BTT

Lantas apa hubungan IPFS dengan aset kripto Filecoin (FIL) dan BTFS dengan BitTorrent Token (BTT).

Ingat, FIL adalah unit nilai yang memberikan reward kepada partisipan di dalam jaringan komunikasi data itu.

Begini ceritanya. Anda memiliki sebuah komputer server yang Anda sewa secara jarak jauh. Komputer itu bisa Anda gunakan untuk menyimpan data file yang terkait dengan NFT.

Alih-alih Anda mendapatkan penghasilan dengan dolar, Anda mendapatkan reward tertentu dalam bentuk FIL.

Dan seperti Anda pahami harga FIL ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Semakin meningkat permintaan, maka harganya naik dan sebaliknya.

Bayangkan, penggunaan IPFS itu terus meningkat, seiring pasar NFT yang terus baik, maka aset kripto FIL akan terus diapresiasi.

Hal yang sama akan terjadi pada BTFS yang beraset kripto BTT. Harga BTT saat ini dalam rupiah sekitar Rp100-an. Sedangkan harga FIL sekitar Rp2,2 juta.

Pengembangan

Khusus BTFS kita masih menantikan lebih lanjut agar semakin selaras dengan NFT. Ujicobanya dimulai pada 24 Desember 2020, ketika pengembang blockchain Tron memperkenalkan protokol TRC-721.

Ingat pula blockchain Tron punya aset kripto sendiri, yakni Tronix (TRX).

Pendiri Tron sekaligus CEO BitTorrent, Justin Sun, mengatakan NFT memiliki potensi besar yang belum dimanfaatkan.

“Kami menemukan peluang besar lainnya di NFT setelah kami memperkenalkan TRC-721. Kami akan menghadirkan protokol lainnya untuk NFT,” kata Sun di blog resmi BitTorrent.

Beberapa NFT yang sudah diterbitkan menggunakan protokol itu adalah lukisan Pablo Picasso berjudul “Femme nue couchée au collier (Marie-Thérèse)” seharga US$ 20 juta.

Kemudian ada lukisan “Three Self-Portraits” karya seniman termuka, Andy Warhol seharga US$2 juta.

Kedua NFT itu dibeli oleh Justin Sun lewat rumah lelang Christie’s. File digital yang mewakili NFT itu disimpan di BTFS.

4 Peluang Aset Kripto

Nah, Anda perhatikan di sini, sebenarnya ada 4 peluang kenaikan harga aset kripto terkait. Pertama, aset kripto untuk blockchain Huobi ECO Chain, yakni HECO.

Kedua, aset kripto blockchain Tron, yakni Tronix (TRX). Ketiga, aset kripto berupa token, yakni FIL dan BTT.

Ingatlah, kata kunci terhadap potensi peningkatan nilai dan harga aset kripto adalah use case-nya. [bu]

Protected with blockchain timestamps

Ridho Riyadhhttps://www.hariankripto.id/
Setiap langkah kecil menulis tentang aset kripto adalah langkah besar untuk masa depan keuangan dunia. Jangan kita lapuk demi fiat money yang sudah lapuk dan tergerus.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }