Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bitcoin Kini Sah Sebagai Alat Pembayaran di El Salvador

Kabar baik semakin berhembus ke arah kripto, khususnya Bitcoin (BTC), saat Majelis Legislatif El Salvador telah mengetuk palu sebagai tanda disetujuinya Undang-Undang (UU) Bitcoin yang diajukan oleh Nayib Bukele, Presiden dari El Salvador, dengan dukungan dari 62 suara.

Kabar terbaru perihal UU ini datang dari cuitan di akun Twitter Presiden Nayib Bukele, di mana ia mengumumkan bahwa dirinya telah memperkenalkan “Hukum Bitcoin” kepada Kongres El Salvador. Instrumen legislatif memberi Bitcoin status legal tender penerimaan wajib di seluruh wilayah nasional.

Beberapa jam setelah cuitan tersebut, Majelis Legislatif langsung mengungkapkan bahwa mereka sedang mendiskusikan persetujuannya dengan Deputi Caleb Navarro, yang telah mengungkapkan pendapat positifnya terhadap “Hukum Bitcoin”.

“Saya percaya bahwa dari semua keputusan yang akan kita buat dalam sesi ini, yang satu ini, Hukum Bitcoin, adalah salah satu yang paling relevan,” kata anggota kongres Chris Guevara selama pleno, dilansir dari Decrypt, Rabu (9/6/2021).

Diresmikannya UU Bitcoin ini secara langsung telah menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dan legal bagi semua institusi di negara tersebut, yang diharapkan untuk segera beradaptasi dengan era baru, di mana Bitcoin akan beredar layaknya mata uang bagi para penduduk El Salvador.

Perlu diketahui bahwa undang-undang baru mengakui Bitcoin sebagai “alat pembayaran yang sah”, tidak dibatasi dengan kekuatan pembebasan, tidak terbatas dalam transaksi apa pun dan dalam judul apa pun yang ingin dilakukan oleh orang-orang publik atau swasta yang sah atau legal.”

Sehingga bisa kita artikan, UU tersebut telah menjadikan Bitcoin setara dengan dolar Amerika sebagai mata uang dengan penggunaan bebas dan penerimaan wajib di seluruh wilayah negara tersebut.

Selain itu, nilai tukar BTC akan berfluktuasi sesuai dengan pasar bebas. Ini juga mewajibkan dibentuknya kepercayaan khusus di Bank Pembangunan El Salvador untuk memastikan pertukaran langsung antara kedua mata uang.

Undang-undang baru tersebut menyatakan, harga harus disajikan dalam Bitcoin, dan kripto utama ini harus diterima secara wajib di seluruh wilayah nasional dengan pengecualian untuk daerah terpencil atau orang-orang yang tidak memiliki akses ke sarana yang diperlukan untuk melakukan transaksi elektronik.

Dan tidak kalah penting, operasi keuangan dalam Bitcoin -seperti perdagangan- akan dibebaskan dari pajak capital gain (peningkatan nilai) karena Bitcoin kini adalah alat pembayaran yang sah di El Salvador, bukan lagi sekedar mata uang digital, safe haven ataupun komoditas digital.

Langkah besar dari El Salvador ini tentu akan segera diikuti oleh beberapa negara lain, yang pemimpin dan tokoh politiknya juga mendukung kripto, khususnya Bitcoin, sehingga adopsi UU ini tentu akan semakin melebar dan memberi pengaruh ke negara-negara sekitarnya, untuk turut menjadikan BTC sebagai alat pembayaran sah di negara mereka.

Apakah Bitcoin akanĀ to the moon lagi? Dalam jangka panjang, kemungkinan besar jawabannya adalah Ya! [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }