Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bitcoin Itu Tembaga Digital, Kata Goldman Sachs

Kendati narasi Bitcoin sebagai emas digital cukup populer, aset kripto disebut lebih mirip dengan logam mulia lain. Kepala Komoditas Goldman Sachs Jeff Currie, berkata aset digital bukan pengganti emas.

“Aset kripto lebih mirip sebagai pengganti tembaga. Alasannya adalah aset kripto pro-resiko, dan merupakan aset beresiko,” jelas Currie dalam wawancara dengan CNBC.

Istilah risk-on dan risk-off merujuk kepada beragam kondisi ekonomi beserta strategi investasi yang diterapkan investor. Dalam kondisi risk-on, sentimen investor positif, pasar bergerak ke atas dan keuntungan perusahaan meningkat.

Kondisi ini memicu investor dan trader untuk terlibat dengan aset beresiko demi memaksimalkan keuntungan. Saham adalah contoh utama aset beresiko.

Tetapi, ketika ada kelesuan ekonomi, investor menjual aset beresiko untuk diganti investasi lebih aman yang dianggap cocok untuk melindungi modal. Uang tunai dan emas adalah contoh aset dalam investasi gaya ini.

Dengan kata lain, ketika ekonomi bagus dan bertumbuh, investor mengambil resiko dengan membeli aset beresiko. Ketika ekonomi melemah, investor lari ke aset stabil.

Soal perbandingan logam mulia, tembaga dianggap sebagai logam tingkat ketiga dibanding dengan emas dan perak.

Harga tembaga yang rendah dimana emas berharga 475 kali lipat dan perak tujuh kali lipat dari tembaga beserta suplai lebih besar menyebabkan tembaga lebih volatil.

“Permintaan Bitcoin adalah melalui sistem pembayaran. Bitcoin akan berkorelasi dengan siklus bisnis. Ketika kita melihat penggantinya, Bitcoin mengganti aset beresiko, bukan aset aman,” jelas Currie.

Laporan yang diterbitkan penyedia data aset digital institusi Kaiko Research pada Senin (31/5) turut mendukung pernyataan Currie. Menurut periset, korelasi antara Bitcoin dan emas anjlok ke titik terendah sejak 2018.

Kaiko Research mengungkap, saat ini dapat dilihat tren pra-pandemi antara ekuitas dan emas. Kini, korelasi Bitcoin dengan kedua kelas aset tersebut negatif atau lemah.

Bitcoin sering dibandingkan dengan emas berdasarkan sifat alat simpan nilai. Kejatuhan pasar pada tahun 2020 menyebabkan korelasi antara Bitcoin dengan emas semakin kuat. Kendati demikian, seiring ekonomi puluh dan pandemi mulai selesai, Bitcoin dan emas mulai menempuh jalan masing-masing. [decrypt.co/ed]

Protected with blockchain timestamps

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }