Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bersiaplah! Ini 5 Tantangan Besar untuk Bitcoin

Untuk bangkit, Bitcoin (BTC) sepertinya masih akan menghadapi beberapa tantangan besar dalam perjalanannya menuju akhir tahun 2021 ini.

Meski banyak orang memang positif terhadap kripto utama ini, namun mampu tidaknya BTC untuk melewati semua tantangan ini adalah kunci untuk membuka masa depannya, apakah akan lebih baik atau tidak.

Tantangan Besar Bitcoin 

Regulasi

Regulasi kini adalah salah satu momok bagi Bitcoin. Bagaimana tidak, aksi keras Tiongkok adalah salah satu bukti dari betapa kejamnya regulasi dalam menyusutkan nilai dari kripto utama ini.

Pelarangan terhadap pertukaran kripto Binance oleh pemerintah Inggris pun menjadi berita terhangat yang saat ini ramai dibicarakan.

“Kami telah lama memperingatkan bahwa pergeseran sentimen investor atau tindakan keras peraturan dapat membuat pasar kripto seperti gelembung,” kata perusahaan investasi UBS, sebagai pandangan mereka atas peran regulasi terhadap pasar kripto, dilansir dari CNBC, Kamis (1/6/2021).

Jika pemerintah negara sudah mulai lunak dan berkepala dingin dalam menentukaan regulasi untuk kripto, maka ini tidak akan menjadi masalah lagi, dan bahkan akan menjadi pemicu peningkatan adopsi.

Volatilitas

Pergerakan harga yang sangat ekstrim nan liar pun masih dianggap sebagai batu sandungan untuk perkembangan kripto, khususnya Bitcoin.

Meskipun pertumbuhan harga Bitcoin secara jangka panjang sangatlah fantastis, tetapi pergerakan jatuh yang bisa mencapai lebih dari 50% dalam hitungan minggu, itu adalah sebuah kengerian tersendiri di mata investor institusi, terutama klien yang ada dalam naungan mereka.

Namun, jika kapitalisasi pasar BTC mulai semakin membengkak, saya yakin volatilitas pasti akan semakin berkurang karena akan membutuhkan uang yang amat sangat banyak untuk menggerakan harga dengan liar. Tetapi tentu saja, pertumbuhannya pun akan melambat mulai dari situ.

Masalah Lingkungan

Penggunaan listrik yang sangat besar, serta emisi karbon yang mengkhawatirkan, yang juga diungkapkan oleh CEO Tesla, Elon Musk, telah membawa pasar ke dalam mimpi buruk yang menyedihkan.

Dengan tambahan aksi pemerintah Tiongkok, Bitcoin dan kripto lainnya pun terseret jatuh karena masalah lingkungan telah memberi dampak negatif yang besar pada sudut pandang pasar secara keseluruhan.

Diharapkan, jika kripto mulai ditambang dengan energi terbarukan, ini akan menjadi sebuah sinyal yang baik untuk memulihkan minat pasar. Terlebih lagi, jika kripto mulai beralih dari metode Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS). Itu adalah pilihan.

Pengawasan Stablecoin

Belum lama ini, stablecoin, aset kripto yang dipatok ke aset dunia nyata seperti dolar AS, telah menghadapi pengawasan yang ketat.

Belum lama ini, Tether, stablecoin peringkat atas di dunia, telah dianggap vberpotesi menjadi risiko bagi stabilitas sistem keuangan oleh Presiden Federal Reserve Bank of Boston, Eric Rosengren.

Dikhawatirkan, penerbit Tether tidak memiliki cadangan dolar yang cukup untuk membenarkan patok dolarnya, sehingga ini memicu meningkatnya pengenalan dari stablecoin alternatif untuk menggantikan Tether seperti USDC dari Coinbase, dan juga BUSD dari Binance agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingikan.

Penipuan dan Token Meme

Rupanya, kehadiran token meme telah menjadi kekhawatiran tersendiri di mata para pelaku industri.

Skema pump and dump liar yang sering terjadi pada token meme pun dianggap menjadi biang masalah yang telah banyak menghanguskan uang para investor ritel yang rata-rata masih awam atau pemula.

“Kekhawatiran lain adalah jumlah penipuan yang muncul sepanjang tahun. Dengan token meme tertentu, kami telah melihat banyak aktivitas pump and dump dan telah melihat investor ritel terbakar.

Setiap kali ritel terbakar, pemerintah turun tangan. Dan jika semuanya diatur secara berlebihan, seperti yang telah kita lihat pada 2018 dan ICO (penawaran koin awal), industri secara keseluruhan dapat terpengaruh secara negatif,” kata Yu dari StormX.

Bitcoin dan kripto lainnya harus benar-benar dapat mengatasi tantangan hebat ini untuk menghasilkan potensi menutup tahun ini dengan hijau. Jika tidak, maka kemungkinan yang buruk (dalam jangka pendek) pun bisa saja terjadi di penghujung 2021 ini. Kita tunggu saja. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }