Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Berlian Langka Bakal Dilelang Pakai Bitcoin, US$15 Juta Saja!

Bitcoin (BTC), aset kripto yang pernah digunakan untuk membeli barang mewah ataupun lukisan berharga, kini kembali mendapatkan ‘peran penting’ dalam pelelangan berlian langka dengan harga jutaan dolar AS. Adopsi terbarukah ini?

Lelang Berlian Langka Dapat Dibeli Pakai Bitcoin 

Berdasarkan laporan dari Reuters, sebuah berlian langka berbentuk buah pir diperkirakan akan terjual hingga US$15 juta yang dapat dibeli di rumah lelang Sotheby’s pada Juli mendatang menggunakan mata uang kripto, salah satunya Bitcoin.

Sekadar informasi, Sotheby’s adalah perusahaan multinasional dan balai lelang benda seni rupa, seni dekoratif, perhiasan, properti serta barang-barang koleksi tertua yang didirikan sejak tahun 1744 di London, Inggris.

Berlian Bitcoin

Balai lelang tersebut mengatakan ini akan menjadi pertama kalinya berlian dengan ukuran seperti itu ditawarkan untuk pembelian publik menggunakan mata uang kripto.

Mereka pun menambahkan bahwa tidak ada objek fisik lain dengan nilai tinggi yang sebelumnya tersedia untuk dijual dengan kripto.

Lalu, seperti apa sih berlian yang akan dijual ini?

Disebut dengan “The Key 10138”, ini adalah berlian tanpa cacat berbentuk buah pir 101,38 karat, yang juga menjadi salah satu dari sepuluh berlian di atas 100 karat yang pernah dilelang.

Berlian Bitcoin

Kabarnya, pra-penjualan berlian ini akan berada di harga US$10-15 juta dan akan dijual pada 9 Juli mendatang di Hong Kong.

Nantinya, Bitcoin dan Ether (ETH) akan menjadi kripto yang diterima sebagai alat pembayaran, bersama dengan uang fiat.

“Ini benar-benar momen simbolis. Penyebut nilai paling kuno dan simbolis sekarang dapat, untuk pertama kalinya, dibeli menggunakan mata uang universal terbaru umat manusia,” kata Patti Wong, ketua Sotheby’s Asia, dilansir dari Reuters, Selasa (22/6/2021).

Sekadar informasi, ini bukanlah kali pertama bagi balai lelang tersebut untuk terlibat dengan kripto.

Sebelumnya, pada Mei lalu, Sotheby’s telah menjual karya Banksy seharga US$12,9 juta dalam lelang, sebagai contoh pertama dari sebuah karya seni fisik yang dapat dibeli dengan kripto.

Adopsi dari balai lelang setua Sotheby’s tentu bukanlah sekadar adopsi biasa, karena tentu saja mereka telah melalui banyak pertimbangan dan kalkulasi tentang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran dengan mempertaruhkan nama besar perusahaan.

Dan tentu saja, adopsi ini akan bisa dijadikan tolak ukur para perusahaan lain untuk menggunakan kripto sebagai alat pembayaran mereka nantinya di masa mendatang. Apakah Anda sudah merasakan kripto yang kini semakin dekat dengan lini kehidupan kita? [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }