Apa Itu Fomo dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

- Kamis, 24 November 2022 | 00:15 WIB

HarianKripto.id - Pastinya kamu sudah sering mendengar istilah FOMO. FOMO biasanya sering terjadi pada investor atau trader pemula di dunia crypto. FOMO (Fear of Missing Out) adalah istilah yang umum digunakan di dunia cryptocurrency. Istilah FOMO merujuk pada ketakutan bahwa trader akan merasa tertinggal dam kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kenaikan kritis dalam harga cryptocurrency. FOMO biasanya terjadi ketika seseorang membuat keputusan yang tidak rasional untuk trading atau berinvestasi dalam aset kripto berdasarkan beberapa informasi yang diterima karena takut tertinggal dan melewatkan kesempatan tersebut tanpa melakukan riset terlebih dahulu dan memverifikasi sumber dan atau keakuratannya dengan benar. Meskipun terkesan sepele, tapi FOMO dapat membawa efek buruk bagi kondisi mental seseorang.

Berikut beberapa tips agar kamu dapat terhindar dari FOMO khususnya untuk trader dan investor pemula di dunia kripto.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum membuat keputusan, sebaiknya kita melakukan riset mendalam terlebih dahulu dan berpikir dengan matang sebelum membuat keputusan. Jangan hanya mengikuti orang lain ataupun tren semata dan mudah percaya hanya pada satu sumber saja.

Hindari Terlalu Sering Membuka Internet dan Market

Seringkali terlalu banyak membuka internet dan market dapat membuat kita merasa cemas dengan banyaknya informasi dan berita yang beredar. Salah satu cara efektif untuk mengurangi FOMO yaitu dengan mengurangi intensitas membuka internet dan market. Ada baiknya juga dengan mengurangi intensitas mengakses media sosial dan mengurangi memantau market terus menerus.

Membuat Rencana Investasi

Kamu bisa membuat rencana investasi yang ingin kamu capai baik dari jangka pendek maupun jangka Panjang agar bisa fokus dan tidak ikutan FOMO. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola risiko agar dapat mencegah terjadinya FOMO.

Pahami Bahwa Pasar Selalu Volatil dan Trading Kripto Tidak Selamanya Untung

Halaman:

Editor: Deo Siagian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Kapitalisasi Pasar?

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:06 WIB

Bitcoin Mencapai $23,7K di Hari Rabu 

Jumat, 27 Januari 2023 | 00:39 WIB
X