Agregator Pertukaran Kripto Rusia Mendapat Izin Beroperasi Kembali di Uzbekistan

- Kamis, 10 November 2022 | 19:29 WIB
Bestchange.ru kembali mendapat izin untuk mengoperasikan layanan kripto setelah diangkatnya larangan atas mereka oleh firma hukum DRC. (Freepik)
Bestchange.ru kembali mendapat izin untuk mengoperasikan layanan kripto setelah diangkatnya larangan atas mereka oleh firma hukum DRC. (Freepik)

HarianKripto.id - Instansi Pemerintah Pengawas Kegiatan Mata Uang Kripto yang berbasis di Uzbekistan memulihkan akses ke Bestchange.ru, platform perdagangan agregator kripto yang terkenal di wilayah tersebut. Langkah ini mengejutkan karena pada awal tahun ini, regulator tersebut telah memblokir sejumlah platform perdagangan kripto bahkan seperti Binance.

Bestchange.ru, agregator pertukaran kripto populer yang berbasis di Rusia telah dicabut pembatasannya untuk beroperasi di Uzbekistan. Ini adalah tindakan langsung oleh National Agency of Perspective Projects (NAPP) Uzbekistan yang baru saja mengeluarkan sebuah larangan beroperasi pada awal tahun ini.

Firma hukum Digital Rights Center telah membuat pernyataan publik bahwa mereka telah berhasil membuka blokir operasional terhadap platform perdagangan kripto Bestchange.ru melalui keterampilan tim ahli hukum mereka. Pakar hukum ini mengkhususkan diri dalam memberikan bantuan hukum kepada pengguna dan bisnis berbasis internet.

Baca Juga: Thailand dan Hongaria Bekerjasama untuk Mengadopsi Teknologi Blockchain

Langkah-langkah NAPP Uzbekistan pada bulan Agustus lalu telah membatasi bahkan situs web perdagangan kritpo yang ternama, termasuk Binance dan FTX. Sebuah langkah yang didukung oleh administrasi pemerintahan di Tashkent.

Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev sendiri mengeluarkan keputusan presiden pada tahun 2018, yang menyatakan bahwa mulai 1 Januari 2023, hanya melalui entitas lokal penduduk dan bisnis yang berasal dari Uzbekistan diizinkan untuk membeli dan menjual aset kripto.

Lebih lanjut dinyatakan oleh DRC, keputusan ini telah terjadi bahkan sebelum tanggal yang diketahui publik. Secara efektif memaksa warga Uzbekistan untuk menggunakan platform pertukaran kripto yang dikendalikan pemerintah dan satu-satunya pertukaran berlisensi di negara yang disebut Uznex.

Baca Juga: Teknologi Blockchain Dapat Mengurangi Korupsi dan Mengubah Ekonomi Nigeria


NAPP berandil besar dalam diizinkannya Bestchange.ru beroperasi kembali


Manajemen NAPP melalui berbagai usaha banding ke DRC, akhirnya berhasil membuat argumen mereka diperdengarkan dan disetujui bahwa operasional Bestchange.ru adalah lebih sebagai situs pemantauan, yang mana adalah pengecualian dan oleh karena itu harus diizinkan untuk beroperasi sekali lagi di Uzbekistan.

Presiden Uzbekistan telah mengeluarkan keputusan lain yang akan memperluas kerangka peraturan untuk berbagai kegiatan di industri mata uang kripto. Adopsi lebih lanjut yang telah diterapkan pemerintah adalah terkait dengan peraturan tentang penambang dan biaya bulanan untuk perusahaan berbasis kripto.

Baca Juga: BlackRock Hadir dengan Blockchain ETF Pertanda Kripto Semakin Berpengaruh

Editor: Tirta Ian

Tags

Terkini

Apa itu Kapitalisasi Pasar?

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:06 WIB

Bitcoin Mencapai $23,7K di Hari Rabu 

Jumat, 27 Januari 2023 | 00:39 WIB
X