Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Benarkah Bisnis Metaverse Jadi Besar? Ini Jawaban Investor Ventura

Di tengah ramainya sorotan terhadap metaverse, telah menciptakan beberapa pertanyaan serius untuk sektor ini. Apakah akan menjadi sebuah bisnis yang besar, atau hanya sekadar hype belaka dan hilang tanpa jejak?

Menurut tanggapan dari beberapa investor ventura, metaverse akan menjadi sebuah bisnis yang besar dan memiliki pengaruh lebih terhadap kehidupan. Ini adalah sektor yang sangat menarik.

Bisnis Metaverse di Mata Para Investor Ventura 

Berdasarkan laporan dari GeekWire, Selasa (23/11/2021), Andy Liu, Mitra dari Unlock Venture Partners, memandang metaverse akan mampu mengubah cara orang menjalani kehidupan.

“Ini adalah persimpangan dunia fisik dan digital, di mana augmented reality, virtual reality, lingkungan berbasis blockchain memungkinkan orang untuk berkembang dan hidup di ‘dunia’ baru..” kata Andy Liu.

Dari sudut pandangnya, metaverse telah hadir di kehidupan yang dimulai dari game dan yang terbaru, NFT.

Ini adalah peluang bisnis multi-triliun dolar AS karena orang-orang sangat menyukai dan antusias dengan hal-hal berbau dunia yang futuristik.

Andy Liu pun berpandangan bahwa saat ini, metaverse sangat memungkinkan untuk diwujudkan karena teknologi yang ada sudah sangat jauh berkembang dibandingkan beberapa tahun lalu. Semua sudah memenuhi syarat.

Selain itu, ada juga pendapat dari seorang Kirby Winfield, Mitra Umum dan Pendiri dari Ascend.

Kirby melihat metaverse sebagia bentuk rebranding dari apa yang sesungguhnya telah ada. Beberapa di antaranya adalah game bertema dunia virtual seperti Roblox dan Second Life.

Sebutan ini adalah bentuk dari peningkatan dunia virtual yang akan lebih didukung dengan perangkat canggih seperti AR dan VR.

Menurutnya, ini akan menjadi bisnis yang besar, namun tidak akan begitu hype dalam beberapa tahun mendatang. Semua biasa saja.

Meski pada akhirnya kedua investor ventura tersebut memiliki pandangan akhir yang berbeda, namun hasilnya tetap serupa.

Metaverse dipandang akan menjadi sebuah bisnis yang besar dan akan mampu mengubah cara orang-orang menjalani kehidupan.

Akan seperti apa sektor ini akan berkembang, itu akan menjadi hal yang perlu kita amati dan pantau. Pada akhirnya, teknologi akan benar-benar memberi manfaat baru bagi manusia. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }