Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Batal Pakai Bitcoin, Gaji Karyawan El Salvador Tetap Dolar AS

Meskipun Bitcoin (BTC) telah menjadi mata uang yang sah di El Salvador, negara itu masih mengutamakan dolar AS untuk urusan gaji. Apa pasal?

Gaji di El Salvador Belum Bisa Menggunakan Bitcoin 

Berdasarkan laporan media lokal, Elsalvador, gaji pekerja di El Salvador masih akan menggunakan mata uang Amerika Serikat itu, meski sebelumnya telah meminta bantuan dari Bank Pembangunan Amerika Tengah (CABEI) dan juga Bank Dunia untuk urusan teknis penggunaan Bitcoin.

Berdasarkan undang-undang Bitcoin yang disahkan di parlemen pada 9 Juni 2021 lalu, mata uang kripto itu dapat digunakan sebagai gaji karyawan. Namun itu memunculkan perdebatan, terkait harga BTC pada fitrahnya naik turun secara drastis.

Lagipula, petunjuk teknis yang lengkap dan terperinci belum kunjung diterbitkan oleh pemerintahan Presiden Nayib Bukele.

“Kami telah meminta bantuan teknis dari CABEI dan Bank Dunia. Konsep hukum dan fiskal di mana peraturan Bitcoin akan dibentuk akan memengaruhi dan hanya akan berlaku di wilayah nasional,” kata Menteri Keuangan El Salvador, Alejandro Zelaya, dilansir dari¬†Elsalvador, Rabu (16/6/2021).

Selain itu, Zelaya juga menekankan bahwa dengan undang-undang tersebut (pengesahan BTC), tidak akan menggantikan dolar AS yang sama-sama sebagai alat pembayaran yang sah.

Dolar AS sendiri sah sebagai mata uang resmi negara itu sejak tahun 2001, berdasarkan undang-undang Integrasi Moneter. Karena undang-undang itu masih berlaku, itu memastikan gaji karyawan tetap menggunakan dolar AS.

Fakta lainnya, bahwa unit hitung dalam pembukuan keuangan negara tetap menggunakan dolar AS.

Singkatnya, BTC dan dolar AS akan benar-benar diupayakan ‘hidup berdampingan’ di negara Amerika Tengah tersebut, sehingga BTC tidak akan mendominasi, melainkan berdiri setara.

Anggaran Khusus

Penerapan undang-undang baru itu juga memerlukan kebijakan pendukung lain, yakni ‘ruang fiskal’, yakni anggaran khusus bernilai US$150 juta dari Dana Umum Negara. Selain itu, ruang fiskal ini diperoleh dari CABEI.

Ruang fiskal secara umum adalah ketersediaan ruang dalam anggaran negara yang memampukan pemerintah menyediakan dana untuk tujuan tertentu, tanpa menciptakan permasalahan dalam kesinambungan posisi keuangan pemerintah.

Dalam konteks APBN, ruang fiskal adalah total pengeluaran dikurangi dengan belanja tak terikat, seperti belanja gaji pegawai, pembayaran bunga, subsidi dan pengeluaran yang dialokasikan untuk daerah.

Menteri Keuangan El Salvador menyampaikan, bahwa dana fiskal bisa mengendalikan  volatilitas harga Bitcoin di dalam negeri, agar bisa lebih mudah diterima oleh warga untuk bertransaksi.

Dalam hal ini, ruang fiskal pada prinsipnya serupa dengan memberikan likuiditas khusus terhadap Bitcoin di dalam negeri, karena dananya diambil dari kas negara dan disuntikkan ke pasar.

Jadi, ketika misalnya harga Bitcoin naik atau turun sangat drastis, dana ruang fiskal akan mengendalikan itu dalam rentang harga yang bisa diterima, alias relatif stabil.

Di atas itu semua, dunia masih menanti kehebatan Bitcoin sebagai mata uang yang sah di El Salvador. Karena ini terjadi untuk kali pertama sepanjang sejarah Bitcoin, arus kontroversi mungkin tak akan pernah lekang.

Dan yang pasti ini akan terus mendorong adopsi ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Kegunaannya pun semakin nyata, investor institusi semakin terpikat dengannya.

Dari sini kita punya pijakan pertanyaan, apakah ini termasuk ciri-ciri untuk menjadi potensi reli ke bulan? Bantu saya menjawabnya ya. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }