Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bank Sentral Iran Resmikan Kripto sebagai Pembayaran Impor

Bank Sentral Iran resmikan kripto sebagai alat pembayaran untuk impor. Iran masih dilanda krisis keuangan, karena kena sanksi AS.

Dilansir dari Iran Financial Tribune, Bank Sentral Iran (CBI) memberi wewenang kepada bank dan toko valas berlisensi untuk menggunakan cryptocurrency (mata uang kripto) sebagai pembayaran dalam transaksi impor.

Namun, intitusi yang diizinkan harus berasal dari penambang kripto berizin dan para penambang yang mendapat perlindungan dari negara.

Pemerintah Iran meratifikasi peraturan yang memungkinkan kripto digunakan secara legal pada Oktober lalu.

Namun ada catatan penting. Penambang menjual kripto hasil tambang mereka langsung ke bank sentral.

Strategi itu dicetuskan para pemikir Iran yang tergabung dalam Majlis Research Center yang menyatakan salah satu cara untuk menghindari efek buruk dari sanksi AS adalah dengan menggunakan kripto untuk perdagangan luar negeri.

Pada Januari 2021, Shahab Javanmardi, anggota Kamar Dagang Industri Pertambangan dan Pertanian Iran menganjurkan pemerintah untuk menggunakan kripto sebagai cara mengatasi kesulitan perdagangan belakangan ini.

Selain Iran, negara lainnya, Venezuela telah melakukan hal serupa, menggunakan Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran impor dari Iran dan Turki.

Javanmardi mengatakan pendapatan dari ekspor gas dan listrik tidak mungkin dilakukan pada saat ini karena sanksi AS.

Javanmardi mengusulkan agar pemerintah membuat pasar sentral mirip pasar valas sekunder, di mana kripto yang ditambang secara resmi dapat dijual ke perusahaan Iran yang ingin mengimpor bahan, mesin dan barang lainnya.

Kripto Sangat Efektif

Sajed Nikpour, anggota komisi ICCIMA Iran menambahkan bahwa sektor swasta percaya kegunaan kripto untuk ekonomi Iran berlaku untuk sektor perdagangan dan dapat memfasilitasi peningkatan produksi dalam negeri dengan memungkinkan impor bahan mentah.

Namun dia menekankan perlunya transparansi. Seperti yang dilaporkan pada September 2020.

Bank Terlibat

Perwakilan sektor swasta juga telah meminta bank sentral untuk menyetujui penggunaan Bitcoin dalam membayar impor mobil di Pulau Kish.

Iran melihat pasar kripto untuk mengurangi efek sanksi ekonominya agar digunakan oleh perusahaan-perusahaan Iran untuk membayar impor seperti bahan mentah dan elektronik.

Iran tampaknya terus mengeksplorasi potensi penggunaan kripto sebagai alat untuk mengurangi dampak buruk dari sanksi ekonomi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat. [ba]

Protected with blockchain timestamps

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }