Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Bank Sentral Inggris: Kripto Belum Ancam Stabilitas Keuangan

Pandangan lunak akhirnya datang untuk industri kripto setelah Bank Sentral Inggris mengatakan bahwa kripto belum menjadi ancaman bagi stabilitas keuangan.

Mengingat langkah keras mereka baru-baru ini, pernyataan terbaru ini telah menjadi angin segar yang cukup baik untuk pergerakan kripto.

Bank Sentral Inggris dan Kripto 

Jon Cunliffe, Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris, mengatakan bahwa kripto masih belum cukup besar untuk mengancam stabilitas keuangan.

“Ledakan spekulatif dalam kripto sangat terlihat, tetapi saya tidak berpikir itu melewati batas ke dalam risiko stabilitas keuangan,” kata Cunliffe, dilansir dari CNBC, Rabu (14/7/2021).

Padahal sebelumnya, Inggris dan negara lain seperti Tiongkok, Singapura, Jepang telah memberi tindakan keras terhadap kripto.

Langkah negara-negara tersebut pun telah menjadi penyebab utama tekanan berat pada pasar kripto sehingga kesulitan untuk memulihkan diri.

Meski begitu, Cunliffe tetap mengatakan bahwa orang yang berinvestasi dalam kripto harus siap kehilangan semua uang mereka.

Baginya, kripto lebih dilihat sebagai aset spekulasi oleh para investor ritel, sehingga gerakannya tidak akan begitu mengganggu stabilitas keuangan.

Ada masalah perlindungan investor di sini.¬†Ini aset yang sangat spekulatif.. Tapi mereka [kripto] tidak dalam ukuran yang akan menyebabkan risiko stabilitas keuangan, dan mereka tidak terhubung secara mendalam ke dalam sistem keuangan yang ada,” kata Cunliffe.

Aset Spekulatif dan Stablecoin

Selain itu, lulusan Universitas Manchester ini pun mengatakan bahwa ada perbedaan yang harus ditarik antara aset kripto spekulatif seperti Bitcoin dan apa yang disebut stablecoin.

Menurutnya, stablecoin perlu berada di bawah pengawasan peraturan, karena aset ini dipatok dengan nilai yang sama dengan mata uang fiat.

“Saya pikir masyarakat internasional setidaknya perlu mengembangkan standar untuk benar-benar dapat membedakan tetapi juga memiliki standar peraturan untuk produk semacam itu,” kata sang Deputi Gubernur Bank Sentral Inggris tersebut.

Sepertinya, pernyataan Cunliffe ini telah memberi pijakan yang cukup baik bagi kripto. Seperti yang bisa kita lihat, Bitcoin dan beberapa kripto utama telah mencetak kenaikan yang cukup baik dan ditutup hijau hingga pada saat penulisan.

Semoga saja, ini akan berdampak lebih baik, setidaknya hingga akhir tahun untuk melihat prospek yang lebih cerah dari potensi reli, maupun pembentukan ATH baru. Kita doakan saja. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }