Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Baca Ini Dulu Sebelum Berinvestasi Kripto

Berinvestasi di aset kripto telah menjadi semacam tren baru saat ini, terutama di kalangan kaum muda yang lebih terbuka mengenai hal-hal baru dan juga teknologi.

Tetapi, aset ini masihlah dapat dibilang baru sehingga masih banyak orang yang belum benar-benar memahami karakteristik dari aset ini jika dijadikan tempat berinvestasi.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi di aset kripto.

Kripto adalah Aset yang Sangat Spekulatif 

Secara umum, aset kripto tidaklah memiliki nilai intrinsik di belakangnya yang biasa digunakan untuk menilai potensi dari suatu aset.

Ini bergerak murni atas dasar hukum penawaran dan permintaan serta spekulasi yang sangat kental, sehingga volatilitas sebagian besar kripto sangatlah tinggi.

Selain itu, Anda juga harus siap menghadapi kenyataan pahit bahwa beberapa aset kripto akan mati pada akhirnya (dalam beberapa tahun) karena tidak memiliki fungsi yang begitu jelas dan nyata.

Untuk menghindari hal semacam itu, berinvestasi di kripto yang memiliki blockchain dan platform tertentu yang banyak digunakan karena fungsinya, seperti DeFi, game kripto, DEX dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan yang cukup baik.

Jangan Berinvestasi dengan Uang Panas

Uang panas yang kami maksud di sini adalah, uang yang tidak sanggup Anda iklaskan jika hilang begitu saja di pasar kripto.

Banyak kripto yang berguguran di masa lalu, menyisakan kehampaan dalam dompet kripto Anda. Seonggok kripto tanpa nilai.

Beberapa penasihat investasi juga menekankan kepada klien mereka klien untuk menginvestasikan tidak lebih dari 2 hingga 5 persen dari portofolio likuid mereka jika tertarik dengan aset kripto.

Pasar yang begitu volatil telah membuat kripto terlihat tidak aman bagi beberapa pengamat, sehingga investor banyak juga disarankan masuk melalui produk berjangka seperti ETF Bitcoin.

Intinya, pakailah uang menganggur Anda untuk berinvestasi di kripto untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hanya Ada Sedikit Perlindungan

Berbeda dengan moda investasi tradisional, aset kripto tidak memiliki perlindungan yang mumpuni untuk para investornya.

Kejahatan seperti scamransomware dan pishing telah menjadi beberapa hal yang mengintai para investor kripto.

Selain itu, di Indonesia sendiri, aset kripto dianggap sebagai komoditas yang hanya diperdagangkan secara berjangka. Sehingga, tidak ada badan yang benar-benar menaungi investor jika terjadi suatu hal pada dana mereka.

Untuk menghindari hal semacam ini, ada baiknya Anda berinvestasi di bursa yang memiliki “asuransi” untuk dana kripto Anda.

Selain itu, untuk investasi, ada baiknya Anda memindahkan aset kripto Anda ke dompet dingin (cold wallet) pribadi. Dan yang terpenting, simpan dengan baik frasa pemulihan agar Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Lakukan Perencanaan

Sama seperti berinvestasi pada umumnya, pada aset kripto, kita tetap perlu melakukan perencanaan yang matang.

Beberapa diantaranya adalah jangka waktu yang Anda inginkan dalam memegang aset kripto tertentu.

Selain itu, besaran persentase dari penghasilan untuk berinvestasi (jika ingin rutin setiap bulan) juga harus ditentukan agar keuangan lebih tertata dan tidak menganggu stabilitas kebutuhan dan pengeluaran pokok.

Jika Anda sudah memahami penjabaran di atas, tentu Anda akan lebih tenang dan mantap untuk memulai langkah Anda menjadi investor kripto. Semoga berhasil. [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }