Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

AS Akan Periksa Petinggi Tether, Perusahaan Penerbit USDT

Departemen Kehakiman AS disebut-sebut akan memeriksa petinggi Tether, perusahaan yang menerbitkan stablecoin USDT.

Hal itu kali pertama diwartakan oleh Bloomberg, pada Senin (26/7/2021) lalu, berdasarkan sumber anonim di pemerintahan AS.

Menurut sumber itu, Departemen Kehakiman AS sedang membentuk tim khusus dan mengumpulkan sejumlah berkas penting untuk memeriksa sejumlah pejabat tinggi Tether.

Tether sendiri pada Mei 2021 sudah memastikan bahwa semua unit USDT benar-benar di-backup dengan uang tunai asli milik mereka.

Kasusnya adalah terkait pemalsuan informasi, bahwa jumlah unit USDT benar-benar di-backup oleh uang dolar tunai yang asli atau instrumen aset lain yang setara dolar AS.

Sumber memang tak menyebutkan siapa saja yang akan diperiksa. Hanya saja, jikalau AS benar-benar memeriksa Tether, ini akan menjadi kasus kedua setelah pada tahun lalu, perusahaan itu diperikas oleh negara bagian New York.

USDT bernilai dolar diterbitkan pada tahun 2014 silam, memanfaatkan blockchain Bitcoin sebagai kendaraan transaksinya. Ia lalu berkembang menggunakan blockchain lain, seperti Ethereum, Tron, Algorand dan lain sebagainya.

USDT dianggap lebih efisien untuk mengirimkan dolar lintas negara lewat aplikasi, dibandingkan dengan mengirimkan dolar lewat bank atau layanan keuangan biasa.

Langkah AS ini ditengarai sebagai bagian dari rencana pemerintah AS untuk mengawasi perkembangan stablecoin yang relatif sulit dikendalikan oleh otoritas.

Bank Sentral AS sendiri berencana akan menerbitkan dolar digital pada tahun depan. Saat ini mereka bekerjasama dengan MIT untuk meneliti dan mengembangkan itu.

Uang digital bank sentral dianggap lebih efisien dibandingkan dengan uang elektronik saat ini dan siap menjadi pesaing langsung terhadap USDT yang berjalan di sistem blockchain.

Markas perusahaan Tether sendiri kurang jelas. Namun di Hong Kong mereka punya perwakilan.

Salah seorang pendiri Tether adalah Brock Pierce yang pernah mencalonkan diri sebagai Presiden AS dari kalangan independen.

Pierce memang terkenal sebagai pendukung kripto dan Bitcoin sejak tahun 2010 dan kerap berinvestasi di sejumlah startup terkait kripto.

Pierce telah berinvestasi di lebih dari 30 perusahaan di ekosistem blockchain. Pierce terpilih menjadi Direktur Bitcoin Foundation pada tahun 2014.

Beberapa anggota Bitcoin Foundation mengundurkan diri setelah terpilih, karena sebelumnya ada tuduhan pelecehan seks terhadap Pierce.

Pada Februari 2018 majalah Forbes mendapuk dirinya sebagai 20 orang terkaya di dunia karena kripto, dengan kekayaan bersih antara US$700 juta hingga US$1,1 Milyar.

Pierce adalah seorang pendiri, anggota dewan, atau penasihat untuk beberapa perusahaan kripto, di antaranya GoCoin, ZenBox, Expresscoin, Bitgo, AirSwap dan ChangeTip. [nic]

Protected with blockchain timestamps

Nicholas Nararyahttps://www.hariankripto.id
Menulis adalah kegairahan tersendiri, apalagi soal aset kripto sebagai kelas aset baru yang memukau. Sulit menolak untuk menjadi bagian dari sejarah luar biasa ini.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }