Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Apa Itu ETF Bitcoin Berjangka? Ini Penjelasan yang Sederhana

Belum lama ini, komunitas kripto, khususnya Bitcoin, telah menyambut gembira kabar disetujuinya ETF Bitcoin berjangka oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS.

Terbukti, harga Bitcoin (BTC) telah naik dengan konsisten, hingga membentuk harga tertinggi sepanjang masa (ATH) baru karena hype yang terbentuk dari persetujuan ini.

Mengenal ETF 

ETF (Exchange-Traded Fund) adalah produk investasi yang dirancang untuk melacak kinerja aset tertentu atau sekelompok aset. Produk ini akan memungkinkan investor untuk menerima eksposur terhadap aset-aset iyang dilacak dan mendiversifikasi portofolio mereka tanpa harus memiliki aset yang mendasarinya.

Intinya, ETF adalah alternatif yang jauh lebih sederhana daripada harus membeli atau menjual aset tertentu secara langsung.

Saat ini, sudah ada berbagai jenis ETF dan ciri umum yang melekat para produk ini adalah bahwa mereka mengelompokkan aset berdasarkan industri tempat mereka berada.

Misalnya, ada ETF yang melacak perusahaan di bisnis penerbangan, di bisnis bahan bakar, di bidang energi dan sebagainya, termasuk kripto.

Apa Itu ETF Bitcoin Berjangka?

Sebelum kita mengetahui apa itu ETF Bitcoin berjangka, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa itu Bitcoin berjangka.

Sesuai namanya, Bitcoin berjangka (futures) adalah instrumen perdagangan derivatif (produk turunan), yang memungkinkan dua pihak untuk menyetujui pembelian atau penjualan BTC pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Pada dasarnya, satu pihak setuju untuk membeli atau menjual BTC pada harga dan tanggal tertentu, terlepas dari berapa harga akhirnya pada tanggal tersebut. Tanggal tertentu ini juga disebut sebagai tanggal penyelesaian (atau tanggal kedaluwarsa).

Setelah kontrak berjangka Bitcoin berakhir atau diselesaikan, satu pihak harus membeli (atau menjual) Bitcoin dengan harga yang disepakati.

Pada dasarnya, mereka akan mendapatkannya dengan diskon atau membayar premium karena harganya tidak mungkin sama seperti ketika kontrak dibuat.

Dan sedangkan untuk ETF Bitcoin berjangka, ini adalah produk yang mewakili dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung oleh kontrak Bitcoin berjangka.

Nilai ETF ini akan diturunkan dari pergerakan harga Bitcoin berjangka dan perusahaan yang menerbitkan ETF harus memegang posisi dalam kontrak berjangka tersebut dan mengaitkan harga ETF mereka pada kontrak berjangka tersebut.

Terkesan rumit, tetapi ini adalah cara menghasilkan uang bagi para investor yang tidak bersedia terlibat dalam investasi langsung ke aset.

Namun, yang perlu diingat adalah, ETF Bitcoin berjangka tidak begitu berkorelasi dengan harga Bitcoin itu sendiri. Sehingga, kenaikan yang terjadi saat ini kemungkinan masih disebabkan oleh hype saja, bukan dampak nyata dari transaksi ETF berjangka itu sendiri. [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }