Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Apa Itu Bitcoin Dominance?

Bitcoin Dominance (Dominasi Bitcoin) telah lama digunakan untuk memahami tren dari pasar kripto secara mayoritas. Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Bitcoin Dominance ini?

Mengenal Bitcoin Dominance

Bitcoin Dominance adalah ukuran seberapa banyak kapitalisasi pasar total kripto yang terdiri dari Bitcoin. Ini dapat membantu Anda memahami tren BTC dan altcoin.

Yang perlu Anda pegang erat adalah, Bitcoin Dominance dapat membantu Anda memahami apakah altcoin sedang berada dalam tren turun atau tren naik terhadap BTC.

  • Ketika Dominasi BTC meningkat, altcoin, secara keseluruhan, kehilangan nilai terhadap BTC.
  • Ketika Dominasi BTC menurun, altcoin, secara keseluruhan, mendapatkan nilai terhadap BTC.

Untuk menggambarkan ini lebih mudah, coba Anda bayangkan bahwa kapitalisasi pasar total semua kripto saat ini mencapai US$100 miliar. Jika kapitalisasi pasar Bitcoin mewakili US$65 milyar dari ini, dominasi Bitcoin akan mencapai 65%.

Sehingga, saat pasar kripto sedang bertumbuh dengan kuat (bullish), itu berarti kapitalisasi pasar dari altcoin lebih tinggi daripada BTC. Begitu pula sebaliknya.

Dengan kata lain, altseason adalah tanda Bitcoin sedang terpuruk. Sementara, BTC yang merajai pasar akan menjadi bears bagi pasar kripto selain BTC. Ini dapat terlihat dari grafik di bawah ini:

Bitcoin Dominance dan Siklus Pasar (Sumber: cryptocurrencyfacts.com)
Bitcoin Dominance dan Siklus Pasar (Sumber: cryptocurrencyfacts.com)

Salah satu kasus nyata dari ini adalah saat terjadinya booming ICO tahun 2017-2018.

Saat itu, dominasi Bitcoin jatuh secara dramatis karena serentetan ICO telah meningkatkan kapitalisasi pasar secara substansial.

Pada bulan Juni 2018, dominasi BTC telah turun menjadi hanya 40%, dengan likuiditas yang banyak tertuju pada token ERC-20 sehingga altseason terjadi dan Bitcoin terperosok dalam hingga mendekati US$3.000.

Dan berdasarkan data terbaru dari CoinMarketCap, ini adalah gambaran persentase kapitalisasi pasar dengan Bitcoin Dominance sejak 29 April 2013 hingga 8 Oktober 2021:

Cara Memanfaatkannya

Perlu diketahui, BTC Dominance dapat Anda gunakan sebagai alat bantu dalam menentukan berapa banyak modal yang harus Anda alokasikan untuk altcoin. Dengan kata lain, menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi di altcoin dan kapan harus keluar dari situ.

Saat angka dominasi BTC menyusut, itu biasanya adalah waktu yang tepat untuk masuk ke pasar altcoin. Begitu pula sebaliknya.

Tetap saja, melalukan diversifikasi aset adalah keharusan karena kita tidak pernah benar-benar tahu, kripto mana yang akan meroket dan terperosok dalam satu waktu. Tetap melakukan riset fundamental dan teknikal adalah yang terbaik. [st]

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }