Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Anjing Menggonggong, Doge Tetap Berlalu

Dalam sepekan terakhir, Dogecoin (DOGE) kembali menarik perhatian warga kripto sedunia. Kenaikan harganya 100 persen lebih, dari sekitar Rp4.000 hingga menyentuh harga Rp9.000 Rupiah.

Tidak mau ketinggalan kereta, kenaikan harga ini langsung direspon beberapa bursa kripto terkemuka di dunia dengan melakukan listing, seperti yang dilakukan oleh Gemini.

Pada 4 Mei 2021, bursa kripto raksasa ini mengumumkan listing Doge, di situs resminya, www.gemini.com. Tyler Winklevoss, pendiri Gemini, juga mengumumkan listing ini melalui akun Twitter-nya.

Ditengah euforia harga Doge, terdapat pro kontra terkait koin berlambang kepala anjing Shiba Inu ini.

Elon Musk, salah seorang tokoh yang sering mencuit soal Doge, pernah menyampaikan kritik adanya kepemilikan terlalu besar  Doge oleh beberapa orang.

Kala itu dia menuntur agar melepaskan koin-nya ke publik.

Menurutnya, itu ini tidak sehat, karena menimbulkan penumpukan kekayaan pada segelintir orang saja.

Pro Kontra Dogecoin

Para pendukung Dogecoin menyebutkan, bahwa selain harganya yang masih sangat murah, Doge memiliki tekonologi yang lebih baik dengan biaya transaksi super murah dibanding kripto mainstream seperti BTC dan ETH.

Aktivis sosial juga kerap memakai Dogecoin untuk mengumpulkan donasi mendukung proyek kemanusiaan, misalnya kampanye Doge4water di Kenya, aksi mengumpulkan dana untuk proyek air bersih.

Para pengkritik Doge menyebutkan bahwa Doge tidak mewarisi semangat pendahulunya, Bitcoin.

Senada dengan Elon Musk, Changpeng Zhao, pemilik Binance, dalam Twitter-nya menyebut lebih dari 50 persen koin Doge dikuasai oleh tidak lebih dari 20 wallet.

Bahkan dan salah satu di antaranya memiliki 27 persen.

“1 address holds 27 % of all Doge. Top 20 Addresses holds more than 50 persen of all Doge. Kinda centralized in that sense. ‘abandoned’, katan pada 4 Februari 2021 lalu.

Doge juga memiliki jumlah koin yang wow, 127 milyar unit! Bandingkan dengan BTC yang hanya 21 juta unit kelak pada tahun 2140.

Namun demikian, Doge memang sangat fenomenal. Ia telah mencetak rekor kenaikan bullish signifikan, dan sepertinya akan mencapai US$1 dollar, setara Rp15.000 dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Bak kata pepatah, Anjing menggonggong, Doge tetap berlalu. Apapun kritik terhadap Doge, toh harganya terus naik. [ps]

Protected with blockchain timestamps

Panda Siagianhttps://www.hariankripto.id/
Menekuni dunia blockchain dan kripto sejak 2017. Tertarik mendorong penggunaan bockchain untuk demokrasi, kemanusiaan dan lingkungan hidup. Bisa dihubungi melalui email: harian.kripto.id@gmail.com

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }