Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Anjay! Ada NFT Gambar Batu Laku US$600 Ribu

Gambar batu yang terkesan remeh dan sederhana ternyata telah laku US$600 ribu, atau sekitar Rp8,64 milyar dalam bentuk NFT.

Tidak ada yang spesial dari gambar batu tersebut, hanya sebuah gambar dua dimensi (2D) dengan warna abu-abu hitam layaknya gambar untuk anak-anak.

NFT Gambar Batu Terjual Milyaran Rupiah 

Jagat kripto benar-benar tercengangkan oleh satu ilustrasi kasar dari proyek NFT EtherRocks berformat JPEG, yang dijual dengan harga fantastis.

Kabarnya, kini penjual menginginkan lebih banyak lagi JPEG sejenis itu. Set gambar batu termurah dijual seharga US$1 juta. Dan belum lama ini, batu termurah dihargai US$305.000, dan dua minggu yang lalu, satu batu dijual seharga US$100.000

Harga terus melonjak menjadi nilai yang sangat fantastis, karena nilai di balik gambar tersebut jelas tidak ada, atau bisa dibilang kurang berharga.

Pembeli batu termurah sebelumnya kini bisa menghasilkan US$400.000 jika mereka menjual NFT di harga saat ini.

Diketahui, ada 100 EtherRocks, masing-masing dibuat pada tahun 2017, gambar kuno untuk proyek NFT. Ilustrasi berasal dari clip art database bebas royalti dan terinspirasi oleh mainan bernama “Pet Rock” tahun 1970-an.

Sama seperti kesederhanaan yang disajikan, 100 batu yang ada terlihat sama tetapi beberapa diwarnai dengan warna yang berbeda.

EtherRock 55, batu yang belum lama ini dijual seharga US$409.000, adalah salah satu dari empat batu biru “langka”. Penjualannya telah menyebabkan lonjakan perdagangan.

CEO TRON Ikut Membeli

Selain itu, Justin Sun, CEO dari TRON, mengatakan bahwa dirinya telah membeli batu seharga setengah juta Dolar AS.

Sun tidak mengatakan batu yang mana, tapi tweet-nya menunjukkan batu yang abu-abu. Bot Twitter EtherRocks mengonfirmasi penjualan batu semacam itu seharga US$580.000 dua jam sebelum pengumuman dari sang CEO TRON.

Tentu banyak sekali orang yang bertanya-tanya, mengapa gambar batu seperti itu dibeli dengan harga yang fastastis pula?

“Untuk beberapa NFT, Anda dapat membuat argumen bahwa mereka menyenangkan secara estetis, mereka memiliki asal-usul/kisah generatif yang luar biasa, mereka dapat digunakan dalam permainan, dll… Tidak satu pun dari ini yang berlaku untuk batu [EtherRocks],” kata Andrew Kang, seorang kolektor NFT, dilansir dari Decrypt, Minggu (22/8/2021).

Menurut Kang, metadata dari berkas JPEG  gambar batu tersebut bahkan tidak disimpan. Ini berarti, kepemilikannya bahkan tidak terikat secara permanen dengan representasi visual apa pun.

“Dan itulah yang membuat batu sangat diinginkan sejak awal.. Kepemilikan sesuatu yang sama sekali tidak berguna adalah contoh klasik dari fleksibilitas,” tambah Kang.

Sebenarnya, gambar batu tersebut terlihat tidak memiliki nilai yang pantas untuk dihargai sedemikian tinggi. Kemungkinan, harga terangkat hanya karena sensasi kebanggaan saat memilikinya, atau sebagai upaya untuk menciptakan hype di industri NFT. Ini masih patut dipelajari. [st]

 

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }