5 Artis Indonesia Masuk Kripto, Dari Anang Hingga Atta

- Jumat, 25 Februari 2022 | 11:11 WIB

Artis Indonesia masuk kripto itu topik panas nan liar beberapa pekan terakhir. Apa dan bagaimana masa depannya? Menarik untuk investasi atau malah berpotensi rug pull?

Artis Indonesia Masuk Kripto, Menarikkah?

Dunia cryptocurrency atau mata uang kripto semakin hangat diperbincangkan. Rasanya hampir semua tayangan televisi, YouTube, dan podcast membahas tentang tren kripto terbaru, apalagi dengan banyaknya artis masuk kripto yang sukses mendapatkan keuntungan melimpah. Jadi, siapa saja artis Indonesia yang ikut main kripto dan meluncurkan token kripo milik mereka sendiri?
  1. Anang Hermansyah

Sebagai musisi ternama Indonesia, Anang Hermansyah mengejutkan publik ketika mengumumkan bahwa dirinya baru saja meluncurkan token kripto bernama ASIX. Jelas nama dari token kripto ini terinspirasi dari keluarganya yang beranggotakan enam orang dengan nama depan berawalan huruf A. Selang beberapa menit setelah pengumuman via Instagram, token ASIX pun dibeli oleh banyak orang, termasuk para rekan artis. Mulai dari Atta Halilintar, Kevin Aprilio, Ariel NOAH, sampai Titi Kamal, semuanya berbondong-bondong membeli token ASIX ini. Hal yang menarik dari token ASIX ini adalah para pengguna bisa memainkan game Play-to-earn (P2E) dengan teknologi Blockchain. Permainan yang diusung juga bertema tradisional, seperti congklak dan Komodo Legends.  Sayangnya, nilai token ASIX terus menurun dan sempat mendapat kritikan pedas dari publik. Anang juga mengungkapkan bahwa token kriptonya ini hanya bisa diperdagangkan di platform Pancake Swap, alias di luar Indonesia. 
  1. Wirda Mansur

Fenomena artis masuk kripto kian memanas setelah kesuksesan token ASIX dari Anang Hermansyah. Tidak mau kalah, anak dari Ustadz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, juga meluncurkan token kripto terbaru. Melalui akun Instagram miliknya, Wirda mengumumkan peluncuran I-COIN, token kripto lokal yang merupakan singkatan dari Indonesia Coin.  Token ini sudah dijual sejak 14 Februari 2022, namun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengungkapkan bahwa I-COIN belum mendapatkan perizinan. Hebatnya, Wirda pun sekaligus mengembangkan Metaverse, game, dan NFT marketplace. Tentunya ini menjadi kebanggaan sendiri bagi Wirda sebagai generasi muda yang berhasil memperdagangkan token kripto miliknya sendiri. Tertarik untuk membelinya?
  1. Syahrini

Penyanyi kondang Syahrini menjadi salah satu artis masuk kripto yang paling sukses. Syahrini meluncurkan NFT melalui platform Binance yang laris manis. Jumlahnya juga tidak sedikit, ada 17.800 unit yang dibanderol dengan harga 20 Binance USD atau sekitar Rp280 ribuan. Dalam 10 jam saja, seluruh koleksi NFT Syahrini sudah habis terjual. Diluncurkan pada 14 Desember 2021, NFT ini diberi nama Syahrini’s Metaverse Tour dan dijual di Binance. Avatar Syahrini juga tampak cantik dengan hijab dan gaun berwarna lilac, serta kacamata oversized yang sangat identik dengan gaya stylish sang penyanyi. Ke depannya, Syahrini mengungkapkan bahwa dirinya ingin lebih aktif di Metaverse, serta mengembangkan NFT baru ke game-game P2E. Buat yang ketinggalan tanggal pre-sale NFT Syahrini selanjutnya, simak terus pengumumannya, ya!
  1. Luna Maya

Luna Maya menambah daftar artis masuk kripto yang juga sukses dengan kreasinya. Ternyata, Luna Maya menjadi salah satu artis lokal pertama yang meluncurkan NFT di Bakery Swap dan Binance. Uniknya, presenter dan aktris ini menggandeng perusahaan Jepang bernama Tokau untuk membuat karya digital miliknya. Tokau sendiri adalah perusahaan yang sudah berpengalaman membuat karya digital NFT untuk sejumlah artis papan atas di Jepang. Melihat dunia Blockchain yang berpotensi besar, Luna Maya memiliki strategi yang cukup berani, yakni menjual NFT dalam jumlah unit yang sangat terbatas. Tercatat, Luna Maya hanya menjual 10 unit NFT saja. Hingga kini, dirinya menyuarakan ketertarikannya untuk meluncurkan NFT terbaru serta terus mengembangkan kemampuannya sebagai investor kripto.
  1. Atta Halilintar

Nama Atta sudah identik dengan citra anak muda kaya raya berkat popularitasnya sebagai salah satu YouTuber Indonesia dengan bayaran termahal. Ingin terus memperluas aset kekayaannya, Atta pun tertarik untuk meluncurkan token kripto yang harapannya sesukses token ASIX milik sang ayah mertua.  Lewat postingan Instagram pribadinya, Atta mengungkapkan bahwa dirinya sudah lama memikirkan untuk terjun ke dunia mata uang kripto. Namun, ia tidak mau sembarangan meluncurkan token kripto baru. Menurutnya, token kripto yang ia buat haruslah memiliki fungsi unik. Atta juga meminta pendapat dari para followers-nya perihal nama dari token kripto yang akan ia perdagangkan. Apakah Anda punya ide nama token kripto yang keren untuk Atta Halilintar? Ada banyak artis masuk kripto, baik itu artis lokal maupun artis mancanegara. Reputasi mereka tentu membuat token kripto atau NFT buatan mereka semakin menarik di mata publik. Namun, sebagai investor, sebaiknya Anda tidak termakan oleh perasaan fear of missing out (FOMO). Walau dibuat oleh artis ternama, pikirkan dulu apakah punya prospek yang bagus dan legal, ya. [ps]

Editor: Panda Siagian

Tags

Terkini

Seni Pixel Kaki? NFT Teraneh Tahun 2023 

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:10 WIB

Emas atau Bitcoin, Bagus Mana?

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:00 WIB

Siapa yang Memimpin Web 3.0?

Senin, 5 Desember 2022 | 19:07 WIB

Mengenal Tentang Mekanisme Proof-of-Work (PoW)

Selasa, 29 November 2022 | 20:47 WIB

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Selasa, 29 November 2022 | 20:39 WIB

Ethereum VS Cardano, Pilih Mana?

Selasa, 29 November 2022 | 20:34 WIB

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang Proof-of-Stake

Senin, 28 November 2022 | 21:01 WIB

Kripto Ilegal, Apa Benar?

Senin, 28 November 2022 | 20:22 WIB

Kripto atau Saham, Mana Lebih Menguntungkan?

Rabu, 23 November 2022 | 23:27 WIB

Apa Itu Tokenisasi di Dunia Kripto?

Senin, 2 Mei 2022 | 20:30 WIB

Apa Itu Rug Pull Kripto dan Cara Mengenalinya?

Sabtu, 26 Februari 2022 | 11:35 WIB

5 Artis Indonesia Masuk Kripto, Dari Anang Hingga Atta

Jumat, 25 Februari 2022 | 11:11 WIB

Prediksi Harga Shiba Inu 2022

Jumat, 18 Februari 2022 | 11:20 WIB

5 Cara Ampuh Menjual NFT

Selasa, 15 Februari 2022 | 11:00 WIB
X