Solana Terdampak FTX, Terindikasi Hampir $800 juta SOL Token akan Unstake

- Kamis, 10 November 2022 | 23:55 WIB
Runtuhnya FTX menggoyahkan industri kripto. Terindikasi Solana akan terdampak dikarena banyaknya SOL Token yang dipegang Alameda. (rawpixel.com)
Runtuhnya FTX menggoyahkan industri kripto. Terindikasi Solana akan terdampak dikarena banyaknya SOL Token yang dipegang Alameda. (rawpixel.com)

HarianKripto.id - SOL Token senilai $800 juta apabila dibandingkan dengan jumlah token Solana yang beredar adalah sekitar 15% dari jumlah total.

Runtuhnya FTX milik Sam Bankman-Fried dan firma perdagangan kripto Alameda Research mempunya efek negatif yang besar terhadap SOL Token, token dari blockchain Solana. Beberapa investor bahkan sangat khawatir sehingga mereka meminta token mereka yang distaking agar dapat diambil.

Beberapa sumber melaporkan dalam minggu ini bahwa Alameda mungkin terpaksa menjual beberapa Token SOL-nya setelah muncul kekhawatiran krisis likuiditas yang akan dialami oleh Alameda. Sebagai efek samping Token SOL mulai anjlok, sehingga menyebabkan orang-orang mencoba menjual token mereka secepatnya.

Baca Juga: Binance Mundur Teratur dan Mengubah Sikap Terhadap Akusisi FTX

Epoch terdekat akan berakhir hari ini

Taruhan menjadi semakin tinggi karena para validator Solana akan terbuka kesempatan bagi mereka untuk unstaking Token SOL mereka yang senilai hampir $800 juta saat periode epoch berakhir hari ini.

Analisi berspekulasi bahwa investor dapat memilih untuk menjual SOL mereka begitu epoch berakhir nanti. Harga SOL baru-baru ini jatuh 42% menjadi kurang dari $14.

“Pengurangan jumlah SOL yang di staking mungkin mengindikasikan bahwa investor sepertinya ingin menjual semua atau sebagian dari posisi mereka,” Sean Farrell, kepala strategi aset digital di firma riset FundStrat menulis dalam sebuah catatan pada Selasa malam setelah berita pontensi akusisi oleh Binance. “Karena faktor-faktor ini, kami pikir adalah bijaksana untuk mengurangi paparan terhadap Solana (SOL) dalam waktu dekat.”

Baca Juga: Binance Tuntaskan Pembelian FTX Di Tengah Badai Persaingan Yang Ketat

55 juta Token SOL, senilai sekitar $776 juta, dijadwalkan untuk di unstake hari ini.

Sekitar 76% dari total pasokan yang beredar telah di staking di blockchain. Epoch yang akan datang memungkinkan 15% dari total suplai sirkulasi untuk di unstake.


Alameda banyak memegang token ekosistem Solana blockchain


Para peneliti di perusahaan data crypto Kaiko telah menemukan bahwa SOL adalah pegangan terbesar kedua Alameda dan Alameda juga pemegang token SOL yang signifikan seperti MAPS dan OXY. MAPS turun 20% menjadi $0,1, dan OXY turun 14% menjadi $0,03 menurut CoinGecko.

Baca Juga: Rencana Twitter Menjadi Lebih Kripto Tertunda

Epoch versi Solana adalah waktu ketika hadiah staking diperoleh dan kemudian didistribusikan. Mereka yang staking dapat memilih untuk terus staking atau unstake token mereka ketika epoch berakhir.

Binance yang tidak memilih untuk mengakuisisi FTX hanya mempercepat penurunan harga Solana yang sudah goyah. CoinDesk telah melaporkan bahwa neraca Alameda menunjukkan bahwa mereka memegang $292 juta SOL tidak terkunci, $863 juta SOL terkunci, dan $41 juta SOL dalam bentuk kolateral.

Editor: Tirta Ian

Tags

Terkini

Ethereum VS Cardano, Pilih Mana?

Selasa, 29 November 2022 | 20:34 WIB

Cara Dapat Kripto Secara Pasif 2022

Senin, 21 Februari 2022 | 11:00 WIB

Dogecoin Masih Layak Investasi?

Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:00 WIB

Shiba Inu (SHIB) Segera Mendarat di Newegg

Minggu, 28 November 2021 | 15:43 WIB

Analis: Harga Solana (SOL) Bisa Naik 3 Kali Lipat

Kamis, 2 September 2021 | 11:00 WIB

Bos Cardano (ADA): Pembaruan Alonzo Aman, Lanjut Terus

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:30 WIB

Baru Saja Capai ATH, Ini 8 Fakta Kripto Solana (SOL)

Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:30 WIB

Peretas "White Hat" Bantu Perkuat Sistem Cardano (ADA)

Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:00 WIB
X