Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Alibaba dan Tencent Menamai NFT Sebagai Koleksi Digital di Tiongkok

Di tengah pengawasan dan pandangan negatif otoritas Tiongkok, penawaran NFT dari raksasa teknologi Tencent dan Alibaba Group akan dinamai dengan “koleksi digital.”

Saat ini, otoritas Tiongkok telah memandang NFT memiliki potensi gelembung besar yang berbahaya.

Sekadar informasi, gelembung yang dimaksud adalah potensi terjadinya aksi jual besar yang akan membawa nilai pasar jatuh dengan sangat hebat. Dalam kasus kripto, biasanya akan melebihi 50 persen penurunan.

Alipay: NFT Menjadi Koleksi Digital 

Setelah meluncurkan wallpaper NFT pada bulan Juni lalu, Alipay, anak usaha dari AntGroup dari Alibaba, telah memutuskan untuk menyebut karya seni NFT sebagai koleksi digital. Itu termasuk lukisan digital dan versi virtual dari barang antik.

“Ant Group dengan tegas menentang segala bentuk aktivitas terlarang yang dilakukan atas nama koleksi digital atau segala bentuk spekulasi harga pada koleksi digital,” kata perwakilan AntChain.

Koleksi digital pun dirasa lebih dekat dengan apa yang dicari oleh pengguna platform pasar loak digital khusus Tiongkok, Alibaba Xianyu.

Saat mengetikkan kata pencarian “NFT”, itu tidak menghasilkan apa pun, namun saat mengetikkan “koleksi digital”, maka akan muncul beberapa barang yang dijual di platform tersebut.

Langkah Serupa dari Tencent 

Di sisi lain, platform NFT yang diluncurkan oleh Tencent, Huanhe, juga mengubah semua nama barang yang ditawarkan menjadi “koleksi digital.”

Tidak hanya mengubah nama, Tencent juga tampaknya akan melarang adanya transaksi produk digital antar pengguna, ataupun yang terkait dengan kripto di Huahe.

Tentu saja, tindakan yang diambil oleh Alibaba dan tencent adalah sebagai bentuk ketaatan mereka terhadap aturan otoritas Tiongkok.

Setelah mengambil tindakan keras terhadap aset kripto, Tiongkok saat ini tengah mengawasi perkembangan NFT. Kemungkinan, sektor ini juga akan coba dijegal oleh pemerintah meski masih belum dapat dipastikan.

Namun, layaknya industri yang baru, menjadi gelembung adalah potensi yang patut diwaspadai juga.

Bitcoin pada awal masanya, juga sering sekali dianggap gelembung dan memang mengalami beberapa kejatuhan harga yang pahit dan menyakitkan.

Tetapi, kebangkitan juga akan datang seiring kematangan minat, dukungan dan kepercayaan investor, serta komunitas yang ada di belakangnya. NFT kemungkinan juga akan melalui fase tersebut. Mari kita saksikan. [st]

 

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }