Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

FTX dan Binance Berpisah. Apa Alasannya?

Di tengah hiruk pikuk yang positif di pasar kripto, ada kabar dari bursa kripto Binance yang telah berpisah dengan mitra utamanya, FTX.

FTX dan Binance Resmi Berpisah

Sangat sulit dibayangkan jika keduanya berpisah, itu karena FTX sebelumnya telah memimpin pendanaan untuk Binance hingga US$900 juta, terbesar yang pernah ada untuk bursa kripto.

Menanggapi kabar tersebut, CEO Binance, Changpeng Zhao, mengatakan kepada Forbes bahwa ini adalah bagian normal dari siklus investasi.

Sementara itu, CEO FTX, Sam Bankman-Fried, memberikan jawaban yang berbeda dalam sebuah wawancara ekstensif dengan Adriana Hamacher dari Decrypt.

“Saya pikir itu [berpisah] masuk akal mengingat peran yang dimainkan bisnis kami di ranah kripto. Ini juga dapat memberi kami lebih banyak fleksibilitas ke depan,” kata Sam, dilansir dari Decrypt, Sabtu (24/7/2021).

Mengenai masalah regulasi yang melanda Binance, Sam berpendapat bahwa ini adalah rentetan serangan.

“Saya tidak terlibat dalam percakapan antara mereka dan regulator, jadi yang bisa saya lakukan adalah berspekulasi, tetapi saya akan mengatakan bahwa kami berusaha sangat keras untuk bekerja sama semaksimal mungkin dengan regulator,” kata Sam.

Menurut Sam, ada semacam hal yang memaksa regulator untuk mulai mengangkat palu terhadap bursa kripto tersebut.

Membahas perpisahan FTX dengan Binance, Sam mengatakan bahwa ada beberapa perbedaan antara keduanya dalam menjalankan bisnis. Cara bereaksi, merespons, dan menjalankan sesuatu secara berbeda membuat ini menjadi sulit.

Masalah Regulasi BinanceĀ 

Seperti yang kita ketahui, Binance belakangan ini telah mendapat ‘serangan’ dari beberapa regulator dan otoritas negara seperti Singapura, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Inggris, Italia dan lainnya.

Ini membuat Binance terlihat sulit, tetapi faktanya, ini hanyalah masalah waktu sampai bursa ini mampu menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Semua orang berpikir bahwa Binance tidak ingin mematuhi peraturan AS, atau peraturan apa pun.. Tapi itu benar-benar salah. Binance sebenarnya adalah organisasi yang paling patuh di dunia, menurut saya, di ruang kripto,” kata Zhao.

Apa pun itu, kini FTX dan Binance lebih terlihat seperti bersaing sehat, saling mendukung meski sudah tidak bergandengan tangan lagi.

Secara fundamental pun, ini tidaklah berpengaruh besar karena kinerja keduanya tidak bergantung satu sama lain. Semua masih terlihat baik saja. [st]

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }