Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Adopsi Bitcoin El Salvador Diprotes Para Pensiunan

Protes terhadap keputusan adopsi Bitcoin di El Salvador telah terjadi jelang peresmian hukum Bitcoin di negara tersebut, yang turut diikuti oleh para pensiunan.

Apakah Bitcoin masih berpeluang untuk tetap menjadi mata uang sah di negara Amerika Latin tersebut?

Pensiunan Menentang Adopsi Bitcoin El Salvador 

Tampaknya, protes tersebut dinyalakan oleh ketidakpuasan atas rencana pemerintah untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Diketahui, ada ratusan pengunjuk rasa berbaris melalui ibu kota, San Salvador.

Menariknya, aksi ini diikuti oleh para senior seperti veteran, pensiunan dan pekerja disabilitas. Mereka khawatir karena pemerintah nantinya akan membayar dana pensiun menggunakan Bitcoin, alih-alih Dolar AS.

Mereka pun berpendapat bahwa Bitcoin adalah aset yang tidak stabil sehingga sangat mengerikan jika suatu saat harganya jatuh ke tanah.

“Kami tahu koin ini berfluktuasi secara drastis. Nilainya berubah di setiap detiknya dan kami akan memiliki kontrol atas hal itu.. Salvador juga menyatakan keprihatinan atas kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi yang dibutuhkan untuk menggunakan cryptocurrency seperti Bitcoin,” kata Stanley Quinteros, Anggota Mahkamah Agung Kehakiman Serikat Pekerja, dilansir dari Cointelegraph, Selasa (31/8/2021).

Diketahui, para pengunjuk rasa juga mengangkat spanduk bertuliskan, “kami tidak menginginkan Bitcoin” dan “tidak untuk korupsi pencucian uang.”

Penduduk Bebas Memilih

Tampaknya, protes ini tidak benar-benar murni seperti apa yang mereka tuliskan di spanduk.

Kabarnya, protes terbaru ini tampaknya merupakan bagian dari kampanye oposisi yang lebih luas oleh veteran lokal yang memprotes dana pensiun yang rendah. Oleh karenanya, beberapa pengunjuk rasa dilaporkan menuntut kenaikan pensiun dari US$100 menjadi US$300.

Padahal, Presiden Nayib Bukele pun telah mengatakan bahwa para penduduk bebas memilih untuk tidak menggunakan Bitcoin. Ini semua tanpa paksaan.

“Bagaimana jika seseorang tidak ingin menggunakan Bitcoin? Jangan mengunduh aplikasi Chivo dan terus menjalani kehidupan normal Anda. Tidak ada yang akan mengambil Dolar Anda. Seseorang selalu dapat mengantri di Western Union dan membayar komisi [seperti biasa],” ujar sang Presiden.

Setiap aksi protes pasti ditunggangi oleh beberapa kepentingan kelompok. Nampaknya, Bitcoin masih berpeluang untuk menjadi mata uang sah di El Salvador.

Tentunya, adopsi hebat ini akan menjadi dasar fundamental lainnya bagi Bitcoin untuk mencetak ATH baru. Apakah itu adalah US$100.000? Mari kita saksikan. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }