Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Adobe Bergerak ke Kripto Lewat NFT, Ini Cara Menerbitkan NFT Anda Sendiri di Ethereum

Raksasa perangkat lunak dibidang karya cipta, Adobe, telah memasuki ranah kripto, khususnya di industri token non-fungible (NFT). Tetapi, bukan sebagai pencipta aset, melainkan media untuk memudahkan orang-orang membuat karya NFT-nya sendiri.

Adobe Menyediakan Fasilitas untuk Membuat NFT

Kabar menyegarkan ini datang saat Adobe mengumumkan fitur baru di perangkat lunak desainnya, Adobe Photoshop, yang akan memungkinkan pengguna untuk menyiapkan gambar menjadi NFT.

Tidak hanya itu, fitur tersebut juga akan menyediakan kredensial konten yang dapat dipasarkan di marketplace NFT seperti OpenSea.

Dalam percakapannya di The Verge, Selasa (26/10/2021), Chief Product Officer Adobe, Scott Belsky, mengatakan bahwa fitur ini akan disebut sebagai opsi “prepare as NFT”.

Belsky juga menjelaskan bahwa, fitur keren tersebut nantinya akan memungkinkan orang untuk melihat atribusi untuk pencipta NFT, selain siapa yang mencetaknya.

“Adobe akan menggunakan metode sumber terbuka untuk menandatangani gambar secara kriptografis dengan identitas pembuatnya,” ujar Belsky.

Diketahui, fitur tersebut kini sudah tersedia untuk aplikasi desktop Photoshop dalam versi beta.

“Tujuan kami dengan NFT pada tahap ini sederhana, [yakni] Bagaimana kami membantu materi iklan mendapatkan kredit untuk pekerjaan mereka dan bagaimana kami membantu orang-orang yang sudah membuat NFT untuk memamerkan karya mereka, di mana pun mereka mencetaknya? Ini memberi kolektor dan pasar informasi berharga tentang pencipta sejati sebuah karya seni,” ujar Andy Parsons, Direktur Inisiatif Keaslian Konten di Adobe, dilansir dari The Block, Selasa (26/10/2021).

Dengan hadirnya fitur tersebut, kemungkinan besar akan semakin banyak para seniman digital yang memasuki industri NFT karena urusan teknis menjadi semakin mudah.

Cara Menerbitkan NFT Sendiri di Ethereum

Setelah Anda memiliki karya NFT sendiri, tentu perlu melakukan tahap selanjutnya yakni menerbitkannya di marketplace NFT, salah satunya seperti OpenSea.

Sekadar informasi, OpenSea adalah pasar NFT terbesar saat ini, yang operasionalnya menggunakan token asli Ethereum, Ether (ETH).

Berikut adalah cara menerbitkan NFT di OpenSea, dilansir dari Decrypt, Kamis (28/10/2021):

  1. Anda harus memiliki akun di bursa kripto, beberapa di antaranya seperti Coinbase atau Binance.
    Memiliki akun di bursa adalah untuk membeli token ETH yang akan digunakan untuk biaya pencetakan NFT satu kali di OpenSea.
    Jika NFT Anda laku terjual, maka Anda perlu menguangkannya, sehingga peran bursa kripto akan kembali dibutuhkan di sini.
  1. Langkah kedua, memiliki dompet kripto pribadi seperti MetaMask, yang digunakan untuk operasional di OpenSea.
  2. Kirim ETH yang sudah Anda beli di bursa kripto, ke dompet MetaMask Anda untuk membayar biaya pencetakan di OpenSea.
  3. Lakukan pendaftaran di OpenSea menggunakan dompet MetaMask Anda.

Cara Menerbitkan NFT

Dengan klik pilihan “Profile”, Anda akan diminta untuk menghubungkan OpenSea dengan dompet Anda (pilih logo MetaMask). Ikuti panduannya, dan pendaftaran pun selesai dengan sekejap mata.

Setelah selesai terdaftar, Anda perlu memasukkan nama dan alamat dan email Anda untuk verifikasi akun.

  1. Selanjutnya adalah proses penerbitan aset NFT yang sudah Anda miliki.

Cara Menerbitkan NFT

  1. Anda tinggal klik pilihan “Create” di sebelah ikon profil Anda (berupa lingkaran hijau) yang ada di sebelah kanan atas.

Cara Menerbitkan NFT

  1. Pada laman ini, Anda bisa langsung mengunggah gambar NFT Anda, memberi nama NFT Anda dan deskripsi ringan mengenai karya Anda. Jika sudah semua, klik tombol “Create” di bagian bawah.
  2. NFT Anda sudah terdaftar di OpenSea, namun belum dapat dijual. Untuk melakukannya, Anda perlu klik tombol “Sell” di kanan atas untuk memasuki laman di bawah ini.
 
  1. Ada dua jenis penjualan, yaitu harga tetap dan sistem lelang.
    Jika Anda memasang harga tetap, maka Anda tidak akan dikenai biaya gas (pembeli yang akan dikenakan biaya ini). Dan jika memilih sistem lelang, maka Anda yang akan dikenai biaya gas.
  1. Jika sudah semua, Anda bisa langsung klik tombol “Complete Listing”.
    Karena ini adalah penerbitan pertama Anda, sebelum terdaftar untuk dijual, OpenSea akan meminta Anda untuk menandatangani beberapa hal melalui dompet MetaMask Anda.
    Selain itu, Anda juga harus menginisialisasi dompet Anda. Di sinilah Anda bisa menghabiskan Ethereum yang Anda beli di awal untuk proses tersebut.
    Untuk inisialisasi dompet, MetaMask akan menghitung biaya gas yang akan dikenakan pada Anda.

Jika tidak ada cukup ETH di dompet Anda, tombol “Confirmation” tidak akan muncul. Jika ada dana yang cukup, maka cukup klik tombol “Confirmation” dan Anda akan terinisialisasi tanpa waktu lama.

Selanjutnya, OpenSea juga akan meminta Anda untuk menyetujui barang yang akan dijual dan meminta Anda untuk mengonfirmasi harga yang ditetapkan. Semua dilakukan melalui dompet MetaMask.

Akhirnya, NFT Anda sudah terdaftar di OpenSea, siap dipasarkan dan menerima pembeli. Cukup mudah bukan? [st]

 

 

 

 

 

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }