Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Ada Yuan Digital di Kereta Bawah Tanah Beijing

Yuan digital semakin berkembang dengan hadirnya kabar terbaru bahwa mata uang digital ini telah hadir untuk menjadi alat pembayaran di salah satu moda transportasi kereta di Tiongkok.

Yuan Digital dan Kereta Bawah Tanah

Berdasarkan laporan dari Cointelegraph, mata uang digital bank sentral (CBDC) Tiongkok, yuan digital, telah memulai langkah terbarunya dalam program percontohan sebagai alat pembayaran dalam transportasi kereta bawah tanah di Beijing.

program percontohan ini akan memungkinkan penumpang untuk mengakses 24 jalur kereta bawah tanah dan empat stasiun kereta api pinggiran kota menggunakan yuan digital.

Layanan baru ini dikabarkan masih hanya tersedia untuk pelanggan dengan rekening bank di Industrial and Commercial Bank of China, bank besar yang terlibat dalam tes CBDC Tiongkok.

“Anda perlu mengunduh aplikasi mobile yang dihubungkan dengan rekening bank Anda untuk mengakses layanan,” kata juru bicara jaringan kereta api Beijing, dilansir dari Cointelegraph, Rabu (30/6/2021).

Diketahui, pengumuman tersebut mengatakan bahwa penyedia layanan transit kereta api Beijing nantinya akan terus mempromosikan beragam aplikasi yuan digital untuk mengoptimalkan “pengalaman perjalanan digital baru.”

Sebelumnya, percontohan untuk pembayaran kereta bawah tanah telah dilakukan di Suzhou, di provinsi Jiangsu Tiongkok, yang menjadi kota pertama untuk pengujian transportasi ini.

CBDC di Asia

Percontohan ini telah menjadi langkah terbaru negeri tirai bambu tersebut dalam pengembangan CBDC mereka, di mana pada Juni lalu, Beijing telah menjadi pusat lebih dari 3.000 ATM berkemampuan yuan digital, yang memungkinkan masyarakat untuk menyetor dan menarik mata uang digital tersebut.

Meskipun penambangan Bitcoin dan kripto telah dicekal hebat di Tiongkok, namun antusias mereka terhadap blockchain dan CBDC tidak dapat diragukan lagi karena yuan digital adalah bukti cepatnya negara tersebut dalam mengambil langkah di industri yang digadang akan menjadi era baru dalam sektor keuangan dan ekonomi.

Kemungkinan, siapnya yuan digital untuk diterapkan akan menjadi peluit start bagi perkembangan CBDC di negara-negara Asia, sehingga ada kemungkinan, akan diikuti oleh tetangganya seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, India, atau bahkan Indonesia. Kita pantau terus perkembangannya ya. [st]

Protected with blockchain timestamps

Syofri Taka
Menulis artikel tak hanya berdasarkan sumber-sumber yang benar. Artikel perlu tambahan makna lewat konteks dan spektrum yang beragam.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }