Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

82 Persen Dogecoin Dimiliki 535 Orang Kaya

Perusahaan analitik blockchain Chainalysis mengatakan, Dogecoin saat ini sedang diadopsi oleh investor baru pada tingkat yang belum terdeteksi sejak pasar bullish akhir 2017, lalu.

Perusahaan lebih lanjut mencatat, ternyata sebagian besar pasokan koin berlogo anjing Shiba Inu itu dipegang oleh sejumlah kecil entitas kaya.

Secara khusus, mereka melaporkan ada 82 persen dari pasokan DOGE dipegang oleh 535 entitas. Masing-masing memiliki lebih dari 10 juta DOGE. Wow!

Investor Baru Tingkatkan Pangsa Pasar Dogecoin 

Platform data blockchain Chainalysis sudah menerbitkan laporan Market Intel tentang Dogecoin pekan lalu.

Kepala ekonom perusahaan, Philip Gradwell, menjelaskan bahwa analisis on-chain eksklusif dari Dogecoin menunjukkan bahwa saat ini sedang diadopsi oleh investor baru pada tingkat yang tidak terlihat sejak pasar bullish akhir 2017.

Diduga, dengan investor baru itu tentunya meningkatkan pangsa penawarannya (share of supply) dari 9 persen pada Juli 2020 menjadi 25 persen pada Agustus 2021.

Kepemilikan DOGE Dinilai Ekslusif dan Terkonsentrasi

Gradwell juga menunjukkan bahwa kepemilikan Dogecoin sangat terkonsentrasi/eksklusif, dengan alasan bahwa sejumlah kecil entitas kaya memiliki sebagian besar pasokan.

“Saat ini ada 4 juta pemegang DOGE on-chain. Namun, 106 miliar DOGE atau 82 persen pasokan dipegang oleh 535 entitas yang masing-masing memiliki lebih dari 10 juta DOGE, atau 0,01 persen entitas,” katanya, seperti dilansir dari Bitcoin.com, Minggu (22/8/2021).

Hal itu juga kemungkinan merupakan campuran bisnis, seperti bursa yang menyimpan DOGE atas nama jutaan pedagang, dan beberapa investor awal yang sekarang kaya raya.

Lebih lanjut pihaknya juga mencatat bahwa dari 4 juta pemegang DOGE, 2,1 juta entitas masing-masing memegang kurang dari 100 DOGE, dan setengahnya memegang kripto meme ini selama lebih dari dua tahun.

Ekonom menjelaskan bahwa entitas bersaldo rendah ini belum tentu individu, tetapi cenderung menjadi dompet yang tersebar, milik sejumlah kecil individu. Wah, iya juga, bisa jadi ya!

Analisis lebih lanjut mengutarakan, 37 miliar dari 106 miliar DOGE dipegang oleh hanya 31 investor yang telah memegang DOGE mereka selama antara 6 bulan dan 2 tahun. Dan rata-rata masing-masing memegang lebih dari 1 miliar DOGE. Beberapa di antaranya menjalankan bisnis, seperti bursa.

Memperhatikan bahwa DOGE adalah aset seperti yang ‘lain’ dengan perubahan kepemilikan dan likuiditas sebagai respons terhadap perubahan permintaan dan harga.

Ekonom merinci, kenaikan harga Dogecoin menunjukkan bahwa cryptocurrency adalah eksperimen dalam branding untuk aset keuangan yang terhubung langsung dengan kreativitas di internet.

Meskipun ini mungkin tampak bertentangan dengan keuangan tradisional, kemungkinan ke depannya, nilai keuangan tradisional memang mulai tidak sejalan dengan konsumen. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }