Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

5 Proyek Prestisius Cardano Perkuat Fundamental ADA

Saat ini sudah ada lima proyek Cardano yang siap menggempur pasar, yang utamanya memperkuat fundamental ADA. Proyek itu di antaranya, perangkat lunak peer-to-peer (keuangan desentralisasi), token NFT, pasar NFT, bursa untuk token Cardano dan perdagangan aset dunia nyata, sebagaimana dilansir dari situs Nasdaq, Jumat (8/10/2021)

Usai Hard Fork Alonzo, Harga ADA Anjlok

Sejak hard fork Alonzo Cardano (ADA), atau perubahan radikal dalam protokol blockchain pada 12 September lalu, telah dimungkinkan perjanjian yang dapat dijalankan sendiri dan dapat diprogram di smart contract di blockchainnya.

Namun di satu sisi, para investor akhir-akhir ini tampaknya ‘melepas’ koin ADA karena nilainya yang turun sekitar 25 persen dari harga tertinggi sepanjang masa pada bulan lalu.

Seperti kata pepatah investasi lama, “beli rumor, jual berita”, dengan melihat ke belakang, sudah jelas bahwa momen hard fork Alonzo mendapat posisi penting, berpengaruh. Namun, setelah kabar itu, bagaimana masa depan ADA? apakah harganya pulih?

Proyek Fundamental Perkuat Cardano 

Dengan sebagian besar prospek yang telah dimasukkan ke dalam kapitalisasi pasarnya yang bernilai US$70 milyar, tampaknya, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Cardano untuk memenuhi harapannya.

Meski proyek-proyek Cardano masih dalam masa pertumbuhan. Lima proyek perangkat lunak peer-to-peer teratas (aplikasi terdesentralisasi, atau dApps) tercatat masih dalam tahap pengembangan di jaringannya.

Lima proyek itu di antaranya:

  1. Platform perdagangan kripto peer-to-peer (bursa terdesentralisasi, atau DEX), ADAX,
  2. Pasar seni digital (token yang tidak dapat dipertukarkan atau NFT), THEOS,
  3. Cardax, bursa terdesentralisasi untuk berbagai jenis token Cardano,
  4. Pasar NFT, CNFT.io,
  5. Dan, Indigo Finance yang memungkinkan perdagangan aset dunia nyata seperti saham Tesla di blockchain Cardano.

Sebagian besar proyek ini tidak akan diluncurkan hingga akhir 2021 atau 2022. Tetapi yang paling menjanjikan adalah CNFT.io, yang sudah aktif.

Volume perdagangan di platform baru-baru ini melampaui enam angka per hari. Namun demikian, banyak klaim skeptis yang bilang masih membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi untuk layanan ini.

Sekaligus untuk membenarkan kapitalisasi pasar ADA yang sangat tinggi, padahal belum tentu demikian.

Lebih jauh, proyek fundamental itu dinilai menjadi starting poin ADA untuk memperkuat basisnya, apalagi menjadi koin dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga saat ini.

Pelan tapi Pasti, Bukan Sepenuhnya Pertaruhan

Penting untuk dicatat bahwa meskipun nilai fundamental dari proyek-proyeknya masih kurang, Cardano tidak akan terlalu sulit untuk mengejarnya.

Sebagaimana kasus OpenSea.io, pasar NFT yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Pada tahun lalu, volume transaksi berubah dari nol menjadi lebih dari US$3,4 milyar per bulan.

Selanjutnya, ada DEX Uniswap, yang juga dibangun di atas blockchain Ethereum. Volume perdagangan kripto di platform yang telah melampaui US$900 juta per hari meskipun Uniswap baru aktif akhir tahun lalu.

Akhirnya, platform pinjam meminjam kripto yang terinspirasi Ethereum seperti Aave, telah mendapat total deposit lebih dari US$18 milyar selama periode yang sama.

Saat ini, jaringan Cardano jauh lebih cepat, mengkonsumsi lebih sedikit energi, dan mengenakan biaya lebih sedikit daripada Ethereum.

Poin terakhir di atas sangat penting, karena dapat menghabiskan ratusan dolar di blockchain Ethereum untuk transaksi kontrak pintar, seperti membeli dan menjual NFT atau mengambil pinjaman aset.

Sementara, biaya transaksi dasar di jaringan Cardano sekitar 97,3 persen lebih rendah.

Akibatnya, Cardano akan memiliki banyak peluang untuk memonetisasi keunggulan teknologinya atas Ethereum di tahun depan.

Selanjutnya, pengembang Cardano baru-baru ini mencapai kemitraan dengan Chainlink. Kesepakatan itu memungkinkan kontrak pintar Cardano menghubungkan transaksi mereka ke data dunia nyata seperti feed harga, pola cuaca, hasil pemilihan, transaksi konsumen, indikator ekonomi dan banyak lagi.

Oleh karena itu, users akan mempertimbangkan untuk membeli koin yang menjanjikan dengan menggunakan sedikit modal. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }