Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

5.000 Akun Pengguna di DAO Maker Diretas 

Platform pendanaan DAO Maker mengumumkan kabar buruk dengan kehilangan US$7 juta dalam akselerasi DeFi terbaru mereka.

Padahal belum lama ini, sebuah platform yang tidak jauh beda mengalami kejadian serupa.

Otoritasnya mengaku tengah melakukan penyelidikan atas peretasan tersebut. Mereka juga mengakui telah mengidentifikasi akun Binance yang berkaitan dengan para pembobol.

5.000 Akun di DAO Maker Dicuri

Tak disangka, peretas diklaim telah mencuri dana dari 5.000 lebih akun pengguna platform crowdfunding DAO Maker, situs penghasil uang proyek kripto ini.

Berdasarkan laporan dari CEO DAO Maker, Christoph Zaknun, pembobol mampu menghapus sekitar US$7 juta dalam USD Coin (USDC) dari 5.251 akun pengguna sekitar pukul 1:00 pagi waktu setempat, Kamis (12/8/2021).

Pihaknya juga membeberkan akses pembobolan itu rupanya dengan mengeksploitasi smart contract dengan mencuri US$10.000 USDC pada awalnya.

Tidak lama berselang, peretas lalu melakukan 15 transaksi lagi untuk mendapatkan dana tambahan.

“Salah satu alasan mengapa ini terjadi dimungkinkan karena jumlah setoran para penawar kontrak benar-benar melebihi harapan kami,” kata Zaknun melalui AMA di Twitch, sebagaimana dilaporkan Cointelegraph.

“Awalnya, kami tidak pernah berekspektasi jumlah penyimpanan lebih dari US$2,5 juta, tetapi seiring waktu, SHO menjadi sangat populer,” tambahnya.

Selidiki Motif dan Tangguhkan Simpanan

Hal yang paling penting usai kejadian nahas ini, platform mencoba menenangkan dan menjaga kepercayaan pengguna.

DAO Maker mengklaim, pengguna dengan simpanan hingga US$900 di akun mereka tetap sama sekali tidak terpengaruh. Pelanggan tetap bisa memindahkan dana ke dompet yang berbeda.

Pun, platform berjanji akan menjajaki kompensasi untuk semua pengguna yang terkena dampak.

Meski, bakal menangguhkan dulu semua simpanan sambil menunggu analisis lengkap mengenai penyebab kejadian ini.

Mereka juga sudah mengizinkan perusahaan intelijen Blockchain CipherBlade untuk melakukan penyelidikan atas peretasan tersebut. Dan kini sudah berhasil mengidentifikasi akun Binance yang terkait dengan penyerang.

Terlepas dari namanya, DAO Maker diketahui tidak memiliki koneksi yang jelas ke MakerDAO, keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, protokol di balik stablecoin Dai (DAI).

Mirip Peretasan Poly Network

Serangan pada platform pendanaan itu terjadi setelah salah satu peretasan terbesar di ruang DeFi, Poly Network berlangsung belum lama ini.

Aktivitas tak dikenal yang mengksploitasi protokol cross-chain Poly Network menghapus setidaknya US$600 juta dari tiga rantai.

Namun anehnya, peretas telah mengembalikan US$258 juta dari dana tersebut dan berbicara dengan pengguna Poly Network secara langsung menggunakan pesan yang disematkan dalam transaksi Ethereum.

Mereka tampaknya belum memiliki rencana untuk mentransfer dana setelah berhasil mencurinya, dan mengaku hanya melakukan peretasan untuk bersenang-senang. Apalagi di tengah peretasan antar rantai yang sedang marak dilakukan. [ba]

Busrah Ardanshttps://www.hariankripto.id/
Aset kripto adalah aset masa depan, khususnya bagi generasi Milenial dan generasi Y dan kelak untuk generasi Alpha. Nuansa kebebasan adalah unsur utama di aset kripto.

TERKINI

ARTIKEL TERKAIT

margin: 45px; }